Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Kelurahan Berbas Pantai Bontang Masuk Zona Hijau Covid-19

Kamis, 26 November 2020 - 16:38 | 42.41k
Kepala dinas kesehatan,dr Bahaudin bersama Jubir Tim Satgas Covid-19 (Foto: Kusnadi/TIMES  Indonesia)
Kepala dinas kesehatan,dr Bahaudin bersama Jubir Tim Satgas Covid-19 (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Tren kasus aktif paparan Covid-19 di Bontang telah menunjukkan penurunan. Hal ini terlihat dari beberapa kelurahan yang telah beralih status zonanya. Salah satunya yakni Berbas Pantai. 

Per 25 November kelurahan ini tercatat sebagai zona hijau. Artinya tidak ada kasus aktif paparan pada wilayah tersebut. Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Bahauddin.

“Benar, Berbas Pantai per hari ini (kemarin) telah masuk zona hijau,” kata Bahauddin.

Meski demikian, ia meminta kepada warga di wilayah itu untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Berupa mencuci tangan rutin dengan sabun, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, dan menjaga jarak dari kerumunan. Supaya tidak terjadi penambahan kasus dalam waktu dekat. 

“Tetap patuhi anjuran pemerintah untuk melakukan 3M. Sebagai jurus jitu untuk menangkal virus corona,” ucapnya.

Diketahui, total kasus di kelurahan ini mencapai 31. Pasien sembuh berjumlah 30. Sementara terdapat satu kasus meninggal beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya satu kelurahan yakni Bontang Lestari dinyatakan hijau pada 9 November lalu. Total kasus pada wilayah ini yakni 25. Keseluruhannya telah dinyatakan sembuh. 

Sementara tujuh kelurahan masih berstatus zona kuning. Zona ini memiliki arti terdapat 1-10 jumlah kasus aktif Covid-19. Meliputi Kelurahan Guntung, Kanaan, Satimpo, Berebas Tengah, Bontang Kuala, Api-Api, dan Tanjung Laut Indah.

“Potensi perubahan ke zona hijau bisa terjadi dalam waktu dekat di Kelurahan Bontang Kuala. Karena per hari ini jumlah kasus aktif menyisakan satu pasien,” tutur dia.

Diketahui, total kasus di Kota Taman yaitu 1.320. Pasien sembuh berjumlah 1.121. Jika dipersentasekan maka terdapat angka kesembuhan sebesar 84,9 persen. Adapun kasus meninggal berjumlah 27. Sehingga setelah melalui proses penghitungan angka kematian yakni dua persen.

29 kasus aktif kini menjalani perawatan di fasilitas kesehatan. Tiga rumah sakit ditunjuk sebagai rujukan penanganan Covid-19 oleh pemerintah pusat. Meliputi RSUD Taman Husada, RS Pupuk Kaltim, dan RS LNG Badak. Sementara pasien menjalani isolasi mandiri sejumlah 143.

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES