Peristiwa Daerah

Pekan Depan, Duta Pancasila Kabupaten Malang Audiensi dengan BPIP di Jakarta

Kamis, 26 November 2020 - 16:40 | 148.55k
Perwakilan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2020 berpose di depan gambar lambang Garuda. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Perwakilan Duta Pancasila Kabupaten Malang 2020 berpose di depan gambar lambang Garuda. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDuta Pancasila Kabupaten Malang pekan depan dijadwalkan melakukan audiensi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Jakarta.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono menyambut baik rencana kunjungan Duta Pancasila Kabupaten Malang ke kantornya.

Perwakilan Duta Pancasila 2

"Mereka mau melaporkan tentang kegiatan Duta Pancasila. Kami mengapresiasi dan siap bersinergi dengan semua elemen masyarakat," kata Hariyono kepada TIMES Indonesia, Kamis (26/11/2020).

Hariyono menegaskan bahwa soal implementasi ideologi Pancasila bukan hanya tanggung jawab BPIP, semua elemen Pemerintah maupun non pemerintah juga mempunyai tanggung jawab.

Pihaknya siap menyambut rombongan Duta Pancasila Kabupaten Malang awal Desember 2020. Karena kondisi pandemi Covid-19, Hariyono meminta rombongan untuk mematuhi ketentuan perjalanan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

"Rencana mereka mengajukan Minggu depan. Mungkin kami bisa tanggal 1 Desember 2020," ungkapnya.

Sebagai informasi, Duta Pancasila Kabupaten Malang digelar atas inisiasi gabungan antara Pemuda Pancasila Kabupaten Malang dan TIMES Indonesia, yang kemudian didukung penuh Pemkab Malang, Polres Malang, Kodim 0818 Kab Malang-Kota Batu, Unisma, Unira, Glutera, dan Giri Palma Villas.

Perwakilan Duta Pancasila 3

Seratus lebih peserta diseleksi ketat dan harus melewati beberapa tahap penilaian oleh dewan juri gabungan. Penilaiannya diantaranya penguasaan materi Pancasila, implementasi nilai-nilai Pancasila, Public Speaking skill, tes tulis hingga wawancara.

Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, Priyo 'Bogank' Sudibyo, menjelaskan terkait kunjungan audiensi dengan BPIP di Jakarta merupakan langkah konkret bahwa Duta Pancasila tidak hanya sebagai audisi apalagi ceremonial.

"Kami buktikan bahwa Duta Pancasila Kabupaten Malang adalah audisi bergizi yang sangat layak diadopsi daerah lain dengan program serupa. Saya kira ini positif dan punya dampak besar ke masyarakat khususnya milenial," tegasnya.

Bogank membeberkan bahwa agenda kunjungan Duta Pancasila Kabupaten Malang ke BPIP di Jakarta pekan depan akan dikawal langsung oleh Pemuda Pancasila, GM FKPPI, dan TIMES Indonesia. "Semoga hasil audiensi membuahkan rekomendasi positif untuk diimplementasikan di daerah lain. Kami siap," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES