Adv

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Bontang Buka Rekrutmen Tenaga Kesehatan Tahap II

Kamis, 26 November 2020 - 16:09 | 32.41k
RSUD Bontang dan Gedung Isolasi Covid19 (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
RSUD Bontang dan Gedung Isolasi Covid19 (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Manajemen RSUD Taman Husada Bontang (RSUD Bontang) membuka rekrutmen tenaga kesehatan tahap kedua.

Proses itu telah memasuki batas pengumpulan berkas, mengingat informasi penyerahan berkas diterima pada 23 hingga 25 November 2020. 

Direktur RSUD Taman Husada dr I Gusti Made Suhardika mengatakan pembukaan rekrutmen jilid kedua ini untuk melengkapi formasi yang tidak terisi pada tahap pertama lalu.

“Kami mengisi formasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Gusti, Kamis (26/11/2020).

Pada tahap kedua ini slot yang dibuka yakni dokter umum tiga orang, dua perawat, satu apoteker, dan empat analis laboratorium. Seluruh pendaftar terpilih nantinya akan diplotkan di ruang isolasi. 

Sementara pada akhir Oktober lalu, proses rekrutmen mengisi 21 dari 31 slot yang dibuka. Rinciannya dua dokter umum, 14 perawat, satu apoteker, dan empat bidan. 

Gusti menyadari terdapat perbedaan jumlah pelamar dibandingkan pembukaan nakes non-covid. Mengingat sebelumnya untuk tiap formasi bisa menembus 50 orang. Umumnya mereka takut terpapar saat merawat pasien. Padahal proteksi mereka cukup kuat pasalnya dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) sesuai ketentuan saat bertugas.

Pada tahap pertama lalu satu formasi yang tidak terisi sama sekali yakni analis laboratorium. Ia menjelaskan sesungguhnya pelamar kala itu mencapai 10 orang. Tetapi seluruhnya surat tanda regristasinya telah kedaluwarsa. Sehingga ditolak berkasnya oleh manajemen.

“Karena ini ada waktu panjang pasti mereka akan melengkapi berkas itu,” tutur dia. 

Berdasarkan data masuk, kuota untuk dokter umum dan apoteker tidak ada pendaftar. Manajemen pun telah menyiapkan opsi lain. Berupa penggunaan sumber daya manusia yang ada. Terlebih mereka baru mendapatkan tambahan enam dokter internship. 

“Jika tidak terisi tidak masalah karena kami akan memposisikan dokter internship untuk bertugas di sana (poli covid),” ungkapnya.

Ke depan seluruh pelamar yang lolos seleksi rekrutmen tenaga kesehatan tahap kedua ini akan menggantikan tenaga kesehatan yang saat ini bertugas. Mengingat sejak awal pandemi, mereka belum sama sekali dirotasi tugasnya. Kini, RSUD Bontang merawat sembilan pasien Covid-19. Dengan status bergejala berat. Seluruhnya ditempatkan di ruang isolasi yang terletak pada bangunan baru klinik rawat jalan. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES