Peristiwa Daerah Hari Jadi Kabupaten Malang

Napak Tilas HUT ke-1260 Kabupaten Malang, Prestasi Bidang Pariwisata Layak Diacungi Jempol

Kamis, 26 November 2020 - 15:47 | 28.90k
Napak Tilas HUT ke-1260 Kabupaten Malang, Prestasi Bidang Pariwisata Layak Diacungi Jempol
Keindahan alam ekowisata Boonpring Andeman di Desa Sanankerto yang masuk dalam nominasi ISTA 2019. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
FOKUS

Hari Jadi Kabupaten Malang

Pewarta: | Editor: Widodo Irianto

TIMESINDONESIA, MALANGKabupaten Malang mempunyai banyak destinasi pariwisata alam yang indah. Pemkab Malang mendorong bidang pariwisata sebagai salah satu bidang unggulannya.

Sabet Tiga Penghargaan

Tiga penghargaan berhasil diborong dalam anugerah wisata Jawa Timur tahun 2019 lalu, meliputi, Komitmen dan Kepedulian yang tinggi Pemkab Malang dalam pengembangan sektor pariwisata. 

1260 Tahun kabupaten Malang

Penghargaan yang kedua, terbaik ketiga diraih oleh Desa Wisata Waturejo di bawah naungan Pemkab Malang dalam kategori daya Tarik wisata.

Penghargaan yang ketiga yakni Homestay Maria Ngadas, Poncokusumo, pemenang ketiga, untuk katagori Homestay. Ketiga penghargaan bergengsi itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur. 

Prestasi dalam bidang pariwisata lain  bisa dilihat dari berbagai perkembangan yang terjadi di sektor riil pariwisata di desa-desa di Kabupaten Malang.

Desa-desa wisata di Kabupaten Malang sering memperoleh penghargaan di bidang pariwisata dan peningkatan ekonomi. Salah satunya adalah Desa Sanankerto memperoleh Green Bronze untuk kategori manfaat ekonomi. 

Sementara untuk Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Dukung Alas Lestari Desa Ngadirejo, mendapatkan juara IV untuk kategori Mandiri.

Investor Australia dan Kanada

Investor dari Australia dan Kanada tertarik berinvestasi di Kabupaten Malang. Mereka bakal menggelontorkan nilai investasi mencapai Rp 15 triliun.

Dana dengan nominal besar itu, bakal diperuntukkan bagi pembangunan pariwisata. Ada 500 hektar disiapkan guna membangun kawasan wisata alam di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Wujud kawasan pariwisatanya berupa wisata air, peternakan, dan perkebunan.

Kecamatan Ngantang dipilih sebagai destinasi penanaman modal karena memiliki potensi.

Ngantang memiliki potensi alam yang belum dimanfaatkan secara optimal. Makanya perlu dieksplorasi lebih jauh. Ngantang mempunyai alam yang masih bagus dan banyak kekayaan alam yang bisa diolah secara baik.

Adanya investor yang bersedia membangun tempat pariwisata akan membuat Kecamatan Ngantang menjadi kawasan unggulan.

Ranperda Kepariwisataan

Di tengah terpaan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah berkomitmen memperkuat sektor pariwisata demi terwujudnya peningkatan PAD (pendapatan asli daerah) dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

Komitmen tersebut ditandai dengan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Malang tahun 2020 hingga 2035.

Pemkab Malang pun memiliki cara tersendiri dalam memperkuat sektor pariwisata. Yakni dengan menyasar para investor yang memiliki passion usaha dalam pengembangan wisata.

Penguatan sektor kepariwisataan antara lain dengan membangun hotel, penginapan yang berada di wilayah destinasi wisata, dan restoran. Pembangunan hotel dan restoran dapat menghasilkan pajak.

Salah satu yang menjadi perhatian penting yakni pembangunan infrastruktur berupa jalan yang nantinya bakal memperlancar akses menuju destinasi wisata di Kabupaten Malang. 
Penguatan insfrastruktur di bidang PU (pekerjaan umum, red). Sementara penguatan SDM (sumber daya manusia, red), itu dilakukan Disparbud. 

Jadi lokasi AKKOPSI 2019

Pemerintah Kabupaten Malang sukses menjadi lokasi pertemuan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) tahun 2019.

Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang terpilih menjadi tuan rumah dalam pertemuan yang bakal dihadiri 90 kepala daerah, dari Jawa Timur dan seluruh Tanah Air ini.

Bupati Sanusi ingin menujukkan perilaku yang sanitasi sehat di desa wisata tersebut. Menurutnya, kebersihan adalah hal wajib yang dibutuhkan pengelola pariwisata. Membangun pariwisata dibutuhkan kebersihan lingkungan.

Pemilihan venue Desa Wisata Pujon Kidul adalah karena prestasi dan keunggulan yang dimilikinya karena telah memperoleh penghargaan sebagai Top 4 Smart Sanitation Award 2018 lalu.

Sanitasi tak bisa dilepaskan dari dunia pariwisata. Warga Kabupaten Malang layak berbangga karena Desa Pujon Kidul bisa memunculkan pengengolahan TPST terbarukan hingga dapat mengolahnya menjadi pembangkit listrik. Hal tersebut bisa jadi branding wisata edukasi.

Investor Pariwisata

 Dari Data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang, diketahui nilai investasi yang masuk di tahun 2018 lalu mencapai Rp 27 triliun. 

Dengan rincian, investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 22 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) senilai Rp 2 triliun. Sisanya, disumbang dari Penanaman Modal Dalam Negeri Non-Fasilitasi sebesar Rp 3 triliun.

Torehan investasi itu pula yang digenjot di tahun 2019. Data itu pula yang membuat Sanusi memiliki optimisme tinggi, di tahun 2020, nilai investasi bisa lagi dikerek tinggi. Bahkan, Sanusi menyampaikan tambahan Rp 10 triliun untuk kenaikannya di tahun 2020.

Di sektor pariwisata, kran investasi pun dibuka lebar. Dimana, Sanusi menegaskan, dirinya memiliki komitmen untuk pengembangan pariwisata. Satu cara mempercepatnya adalah membuka kran investasi lebih luas.

Pernyataan tegas Sanusi itu pun berbuah manis. Berbagai investor dari mancanegara, dari Prancis, Swiss, Denmark, hingga Taiwan, sampai investor dalam negeri berbondong-bondong masuk untuk menanamkan dananya.

Sampai akhir tahun 2019 lalu, tercatat ada 169 destinasi wisata yang tersebar di Kabupaten Malang. Potensi semacam inilah yang membuat para investor baik domestik maupun mancanegara, memiliki pilihan beragam untuk menanamkan sahamnya di daerah yang memiliki slogan The Heart of East Java ini.

Misalnya, lokasi wisata Lembah Indah Malang di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum. Destinasi wisata ini memadukan keindahan panorama alam pegunungan dan edukasi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan warga sekitar telah dimasuki investor dari Jakarta dan telah dikelola secara profesional.

Di wilayah Ngantang, awal tahun 2020, investor dari Australia dan Kanada pun mulai tertarik untuk pengembangan kawasan pariwisata. Tak tanggung investasi yang akan ditanamkan sebesar Rp 15 triliun.

Tak hanya itu, destinasi pariwisata Cafe Sawah Pujon sampai Coban Jahe, Jabung pun sempat memikat investor dari Rusia. Setelah Wakil Wali Kota Samara, Rusia, serta Wakil Rektor Moscow University, bertandang ke Kabupaten Malang dan mencicipi keindahan wisata Coban Jahe, yang membuat mereka terpesona. (*)



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

EKORAN

TERBARU

  • SBY Sebut ada 8 Pelajaran Demokrasi Penting dari Pilpres AS
    SBY Sebut ada 8 Pelajaran Demokrasi Penting dari Pilpres AS
    21/01/2021 - 09:26
  • Pemerintahan Joe Biden Berjanji Membawa Transparansi kepada Pers
    Pemerintahan Joe Biden Berjanji Membawa Transparansi kepada Pers
    21/01/2021 - 09:14
  • Inggris Lockdown, Tim Garuda Select Fokus Benahi Kekuatan Fisik
    Inggris Lockdown, Tim Garuda Select Fokus Benahi Kekuatan Fisik
    21/01/2021 - 09:02
  • Gelandang Persija Marc Klok Resmi Kantongi Paspor dan KTP Indonesia
    Gelandang Persija Marc Klok Resmi Kantongi Paspor dan KTP Indonesia
    21/01/2021 - 08:29
  • Ini Penjelasan BMKG Tentang Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
    Ini Penjelasan BMKG Tentang Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
    21/01/2021 - 08:03
  • Tak Hanya Susu, 7 Makanan ini Juga Kaya Kalsium 
    Tak Hanya Susu, 7 Makanan ini Juga Kaya Kalsium 
    21/01/2021 - 07:42
  • Lady Gaga Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Pelantikan Joe Biden
    Lady Gaga Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Pelantikan Joe Biden
    21/01/2021 - 07:29
  • Presiden Joe Biden Janji Rangkul Pendukung Donald Trump
    Presiden Joe Biden Janji Rangkul Pendukung Donald Trump
    21/01/2021 - 07:09
  • Gartenhütte Cafe Delivers Your Coffee to Your Tent
    Gartenhütte Cafe Delivers Your Coffee to Your Tent
    21/01/2021 - 06:31
  • Realisasi Proyek Infrastruktur dengan Dana SBSN Kementerian PUPR RI TA 2020 Capai 94,49 Persen
    Realisasi Proyek Infrastruktur dengan Dana SBSN Kementerian PUPR RI TA 2020 Capai 94,49 Persen
    21/01/2021 - 06:25

TIMES TV

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menko Airlangga Hartarto: Patuhi 3M Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

15/12/2020 - 15:25

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru

Teaser Terbaru Wonder Women 1984 Makin Seru
Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75

Ayo Kunjungi Pameran Virtual Hari Bakti PU ke-75
Meluaskan Manfaat

Meluaskan Manfaat
Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Berbuat Baiklah dan Tidak Merusak
    Berbuat Baiklah dan Tidak Merusak
    21/01/2021 - 02:30
  • Selamatkan Usia Produktif
    Selamatkan Usia Produktif
    20/01/2021 - 21:34
  • Inferioritas dan Superioritas
    Inferioritas dan Superioritas
    20/01/2021 - 20:44
  • Tahni’ah Doktor Kehormatan Kiai Afifuddin Muhajir
    Tahni’ah Doktor Kehormatan Kiai Afifuddin Muhajir
    20/01/2021 - 20:30
  • Tindakan Tenaga Kesehatan dalam Literasi Kesehatan Jiwa Keluarga Pasien di RSJ Kalawa Atei
    Tindakan Tenaga Kesehatan dalam Literasi Kesehatan Jiwa Keluarga Pasien di RSJ Kalawa Atei
    20/01/2021 - 18:44
  • Mengungkap Isu Kesetaraan Gender dan Peran Perempuan Suku Bajo dalam Pembangunan Berbasis Kepulauan
    Mengungkap Isu Kesetaraan Gender dan Peran Perempuan Suku Bajo dalam Pembangunan Berbasis Kepulauan
    20/01/2021 - 18:24
  • Menepis Kegamangan pada Vaksinasi
    Menepis Kegamangan pada Vaksinasi
    20/01/2021 - 13:07
  • Jokowi, Vaksin Sinovac, dan Legitimasi MUI
    Jokowi, Vaksin Sinovac, dan Legitimasi MUI
    19/01/2021 - 09:39

KULINER

  • Pajeon Menu Sarapan Ala Korea, Begini Cara Membuatnya
    Pajeon Menu Sarapan Ala Korea, Begini Cara Membuatnya
    21/01/2021 - 04:26
  • Begini Cara Mudah Bikin Ayam Geprek
    Begini Cara Mudah Bikin Ayam Geprek
    20/01/2021 - 05:48
  • Asal Nama Jajanan Khas Indonesia ini Ternyata Berasal dari Singkatan Kata
    Asal Nama Jajanan Khas Indonesia ini Ternyata Berasal dari Singkatan Kata
    20/01/2021 - 01:04
  • Nikmati Sensasi Makan Siang di Tengah Taman Bunga di Jombang
    Nikmati Sensasi Makan Siang di Tengah Taman Bunga di Jombang
    19/01/2021 - 07:03
  • Malas Sarapan Nasi Bubur Sumsum jadi Solusi, Ini Resepnya
    Malas Sarapan Nasi Bubur Sumsum jadi Solusi, Ini Resepnya
    19/01/2021 - 05:24
  • Pidato Pertama Presiden AS Joe Biden Tampar Donald Trump
    Pidato Pertama Presiden AS Joe Biden Tampar Donald Trump
    21/01/2021 - 00:48
  • Pesan Misteri di Foto Langka Letjen TNI Prabowo
    Pesan Misteri di Foto Langka Letjen TNI Prabowo
    21/01/2021 - 00:24
  • Puisi Fadli Zon: Negeri di Tepi Jurang, Kata-kata Berujung Bui
    Puisi Fadli Zon: Negeri di Tepi Jurang, Kata-kata Berujung Bui
    21/01/2021 - 04:28
  • Beredar Foto SBY Tidur di Tenda Saat Ada Bencana
    Beredar Foto SBY Tidur di Tenda Saat Ada Bencana
    21/01/2021 - 07:26
  • Resmi Jadi Presiden, Joe Biden Langsung Batalkan Kebijakan Trump
    Resmi Jadi Presiden, Joe Biden Langsung Batalkan Kebijakan Trump
    21/01/2021 - 06:53