Peristiwa Daerah

Kopi Pagaralam Dinobatkan Jadi Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Kamis, 26 November 2020 - 15:38 | 52.63k
 Anggota Dewi Sekopi menyortir biji kopi sebelum dimasukkan ke dalam kemasan (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Anggota Dewi Sekopi menyortir biji kopi sebelum dimasukkan ke dalam kemasan (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Rasa kopi Pagaralam membuat dewan juri kontes kopi Internasional di Prancis terpikat. Mereka lalu menobatkan kopi Pagaralam sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Hasil kontes ini diumumkan pada 16 November lalu. Alhamdulillah dari kategori rasa kita menang. Dapat Juara IV dunia," ujar Kristian, Sekretaris Dewi Sekopi Besemah, ketika dihubungi kemarin (26/11/2020).

Kopi yang diikutsertakan dalam kontes di Prancis itu memang dikirimkan oleh Dewi Sekopi Besemah. Ini merupakan singkatan nama dari Desa Wisata dan Sekolah Kopi. Mereka mengirimkan sampel sebanyak 2 kg kopi. Sampel inilah yang ditandingkan  dengan produk kopi dari banyak negara.

"Ada 130 produk kopi dari 15 negara yang ikut (kontes). Hanya 74 produk yang masuk kategori. Salahsatunya kopi dari Pagaralam," ucap Kris.

Dikatakan Kris, hal itu menunjukkan bahwa kopi Pagaralam sudah 'naik kelas'. Maka diharapkan, harga jual kopi yang diterima petani tak lagi di bawah Rp 30 ribu/kg. Sebab harga di bawah Rp 30 ribu/kg, sudah tak sebanding dengan kualitas.

"Kita sudah punya kekuatan saat ini. Kalau (agen) mau beli, ayo di atas Rp 30 ribu," ucap Kris.

Lebih lanjut dikatakan Kris, saat ini sudah banyak pembeli dari luar negeri yang melirik kopi Pagaralam. Diakui Kris, hal ini merupakan salahsatu dampak positif dari keikutsertaan kopi Pagaralam dalam kontes kopi Internasional. "Kita berharap petani kopi dapat lebih sejahtera," harapnya.

Sebelumnya, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus untuk meningkatkan kuantitas (produksi buah) kopi.

Caranya dengan menggelontorkan program sejuta stek sambung. Meski demikian ia melanjutkan, mendukung kelompok masyarakat maupun swasta yang tengah memperbaiki kualitas kopi Pagaralam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES