Glutera News

Nutrisi Tepat Agar Kuku Lebih Kuat

Rabu, 25 November 2020 - 14:24 | 42.10k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTAPerawatan kuku tidak hanya meliputi pedicure dan manicure atau pun memakai kuteks. Perawatan kuku dari dalam merupakan kunci utama yang menentukan keindahan, kekuatan dan kesehatan kuku dalam jangka panjang. Perawatan dari dalam tersebut dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagus untuk pertumbuhan kuku.

Berikut ini daftar nutrisi yang dibutuhkan untuk kuku sehat dan cantik kamu.

Bukan hanya kulit saja yang perlu dijaga dan diberi asupan nutrisi agar tetap sehat. Kuku pun perlu mendapatkan perawatan dengan makanan begizi. Selain itu, dengan sedikit waktu, disiplin, dan dedikasi, Anda dapat menikmati kuku yang sehat, kuat, dan mengkilap dengan sedikit usaha.

Nutrisi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan kuku. Jika ingin memiliki kuku yang sehat sekaligus indah dipandang, Anda bisa mencoba beberapa pilihan vitamin di bawah ini.

Beberapa vitamin memiliki peran dalam pertumbuhan dan kesehatan kuku. Kekurangan salah satu vitamin ini bisa membuat kuku Anda menjadi mudah patah, rapuh, atau sulit tumbuh.

Perawatan kuku 2

Ragam Nutrisi Kuku yang Anda Butuhkan

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan indah, Anda perlu mencukupi asupan beragam vitamin kuku berikut ini:

1. Biotin

Biotin adalah nama lain dari vitamin B7. Vitamin kuku ini memiliki banyak manfaat dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Salah satunya dengan memicu produksi asam amino yang merupakan komponen dasar kuku untuk tumbuh. Inilah mengapa biotin baik untuk mencegah kuku patah atau rapuh.

2. Vitamin B9 dan B12

Selain biotin, vitamin B9 dan B12 juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan kuku. Kekurangan kedua vitamin kuku ini dapat menyebabkan kuku rapuh dan memiliki bercak-bercak kecoklatan atau biru kehitaman.
Vitamin B9 dan B12 dapat membantu penyerapan zat besi dan produksi sel darah merah, sehingga mendukung penyebaran nutrisi dan oksigen hingga ke kuku. Hal ini tentu akan membuat kuku menjadi lebih sehat dan kuat.

3. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung, tapi juga untuk menjaga kesehatan kuku. Vitamin kuku yang juga merupakan antioksidan ini berperan dalam produksi kolagen yang merupakan protein pembentuk kuku.

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kuku akibat paparan sinar ultraviolet. Selain itu, vitamin kuku ini juga dapat mengatasi kuku yang patah dan rapuh, berkat kemampuannya untuk melembapkan kuku.

5. Zinc atau Seng

Mungkin kamu sering mendengar kalau rambutlah yang membutuhkan lebih banyak zinc. Namun, perlu diketahui, kuku yang tumbuh dengan sehat juga tidak terlepas dari peranan zinc. Kulit kuku akan lebih kuat berkat kandungan antioksidan yang dimiliki oleh zinc.

6. Kolagen

Bagi kamu yang concern pada kesehatan dan kecantikan kulit, tentu sudah akrab dengan kolagen yang tidak kalah penting manfaatnya untuk kuku. Kolagen secara tidak langsung akan memperkuat kuku dan mendukung pertumbuhannya.

7. Kalsium

Kalsium bukan hanya sangat dibutuhkan oleh tulang agar tumbuh kuat. Perawatan kuku dan rambut memerlukan kalsium dalam jumlah yang cukup. Kuku yang mudah terserang bintik-bintik putih dipercaya disebabkan oleh kekurangan kalsium. Hal tersebut akan semakin parah jika diiringi dengan kekurangan seng, kuku akan begitu rentan rapuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES