Pendidikan

Dinas Pendidikan Pulau Taliabu dan Unkhair Ternate Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Rabu, 25 November 2020 - 22:26 | 92.47k
Suasana Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah. (Foto: Husen Hamid/ TIMES Indonesia)
Suasana Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah. (Foto: Husen Hamid/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABUDinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Universitas Khairun Ternate (Unkhair Ternate) melakukan kerja sama penggelaran pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan Kepala Sekolah di Taliabu.

Penguatan kepala sekolah yang merupakan program Kementerian Pendidikan Indonesia bertujuan menjadikan kepala sekolah untuk dapat mengindentifikasi setiap permasalahan pembelajaran di sekolah, menyiapkan laporan praktek baik implementasi, dan menyusun pelaporan pembelajaran sekolah.

Panitia LPD Unkhair Ternate Suratman Dahlan kepada TIMES Indonesia, Rabu (25/11/2020) mengatakan,  guru yang sebelumnya diberikan penguatan kapasitas kini digantikan dengan kepala sekolah. Targetnya, kepala sekolah dapat mandiri dalam mengelola sistem pendidikan secara keseluruhan.

"Selama ini yang menjadi penguatan adalah Guru, tapi cara itu keliru. Seharusnya kepala sekolah, karena mereka yang bertanggung jawab secara keseluruhan di sekolah. Jadi model ini yang terapkan oleh kementrian pendidikan," kata Sutarman.

Rencananya penguatan kapasitas kepala sekolah di Kabupaten Pulau Taliabu akan dilanjutkan ke Ternate. Suratman mengatakan ada beberapa sesi pelatihan yang nantinya akan di berikan kepada kepala sekolah.

Terlibat dalam proses pemberian materi Diklat yakni  Dr. Hery Suharla, S.Pd., M.Pd., M.Sc sebagai pemateri, Nifsu Abdullah, S.Pd., M.Si pemateri dan Suratman Dahlan, S.Pd., M.Pd. Panitia LPD Unkhair.

Kepala Dinas Pendidikan Pulau Taliabu Puspitasari Mus berharap kegiatan penguatan kapasitas kepala sekolah dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Pelatihan-Kepala-Sekolah-2.jpg

"Saya berharap dengan adanya Diklat ini, para kepala sekolah dapat mengambil ilmu secara keseluruhan agar bisa diterapkan nanti jika kembali ke sekolah masing-masing," kata Puspitasari.

Ia juga mengucapkan selamat hari Guru Nasional Kepada seluruh guru di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Pulau Taliabu.

"Selamat Hari Guru Nasional untuk Guru di Indonesia dan khususnya di Taliabu. Semoga setiap ilmu yang di berikan kepada siswa da siswi dapat memajukan pendidikan di Indonesia," ucap Kepala Dinas Pendidikan Pulau Taliabu Puspitasari. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES