Indonesia Positif

BPP Model Kostratani Sugio Optimalkan Alsintan

Rabu, 25 November 2020 - 05:15 | 65.41k
Petani Kecamatan Sugio sedang melakukan olah tanah untuk persiapan tanam musim I. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Petani Kecamatan Sugio sedang melakukan olah tanah untuk persiapan tanam musim I. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANBPP Model Kostratani Sugio mendukung program Kementerian Pertanian RI dan terus berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian melalui modernisasi alat mesin pertanian (alsintan). 

Dengan melakukan pendampingan kepada kelompok tani subur makmur caron dalam hal operasional alsintan yang salah satunya adalah hand traktor.

Benny salah satu PPL sugio mempraktekkan cara mengoprasionalkan hand traktor.

"Setelah semua peralatan terpasang, hidupkan  mesin hand traktor," katanya.

Kemudian tarik tuas persneling utama arahkan traktor agar lurus sesuai dengan areal lahan. Kemudian atur Gas agar memperoleh kecepatan yang cukup untuk pengolahan tanah.

"Kalau mau belok kiri atau kanan, tarik saja tuas pembelok yang berada dibawah stang setir," jelasnya.

Untuk belok kiri maka tuas pembelok kiri yang ditarik sedangkan untuk belok ke kanan, maka tuas pembelok kanan yang ditarik. Apabila tuas pembelok ditarik bersamaan traktor akan berhenti bergerak. (tidak disarankan untuk menghentikan traktor hanya untuk darurat).

sawah

Benny menambahkan, pada budidaya pertanian, diperlukan beberapa tahapan yang pada akhirnya mencapai proses panen dan proses pasca panen. 

Untuk proses awal adalah pengolahan lahan yang bertujuan untuk menggemburkan tanah, menghilangkan gulma dan meratakan tanah. Proses pengolahan lahan meliputi tahap pembajakan kemudian diratakan dengan proses penggaruan.

"Penyiapan lahan diawali dengan proses pembajakan menggunakan bajak atau (orang sini menyebutnya singkal). Hasil pembajakan ini masih berbongkah-bongkah dan belum siap untuk ditanami,"' jelasnya.

Oleh karena itu, pengolahan tanah perlu dilanjutkan dengan perataan dengan menggunakan alat garu yang juga tersambung dengan hand traktor. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, berbagai langkah ditempuh Kementan untuk menjadikan pertanian maju, mandiri, dan modern. Salah satunya dengan mekanisasi pertanian di berbagai daerah.

“Saya merespon positif terhadap optimalisasi Alsintan sebagai langkah dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” ujar Mentan SYL.

 Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang meminta kepada para penyuluh pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani.

“Penyuluh Pertanian harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan sampai masa panen berjalan dengan baik. Jangan sampai ada komoditas pangan yang tertahan. Penyuluh harus memastikan petani tetap menanam, seandainya besok kiamat, maka hari ini harus tetap menanam,” tegas Dedi.

Menurut Sumadi SP, koordinator BPP Model Kostratani Kecamatan Sugio, Alsintan sangat membantu para petani dalam upaya pengolahan lahan secara cepat dan terukur.

Dengan alsintan traktor roda 2 atau roda 4, pengolahan lahan bisa dilakukan seorang operator dengan memakan waktu beberapa jam,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Masmuin selaku ketua kelompok tani "Kalau kita bandingkan keuntungan yang dihasilkan dengan Peralatan modern atau yang biasa disebut Alsintan, maka sangat lah jauh berbeda.

"Peralatan tradisional membutuhkan tenaga kerja yang lebih besar, disamping itu juga membutuhkan waktu yang lebih lama," imbuhnya.

Di tempat terpisah Dr.  Wasis Sarjono SPt M.Si yang juga KaBalai BBPP Batu menyampaikan apresiasi sebesar besarnya kepada penyuluh karena dengan semangatnya terus dampingi, mendorong  petani agar segera mengoptimalkan semua sarana yang telah diberikan oleh pemerintah berupa alsintan agar termanfaatkan. Di samping itu pendampingan terhadap pengamatan kalender tanam juga menentukan keberhasilan dalam berbudidaya khususnya tanaman pangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES