Peristiwa Daerah

KPCPEN Gelar Webinar Wilayah Malut, Bahas Vaksin Hingga Strategi Komunikasi Pencegahan Covid-19

Selasa, 24 November 2020 - 23:11 | 54.39k
Webinar sesi kedua dengan tema Vaksin Aman Masyarakat Sehat. (Foto: tangkapan layar zoom meeting)
Webinar sesi kedua dengan tema Vaksin Aman Masyarakat Sehat. (Foto: tangkapan layar zoom meeting)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Maluku Utara (Malut) sukses menggelar Webinar, pada Selasa (24/11/2020).

Webinar ini dibagi dalam dua sesi. Di sesi pertama dengan tema "Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19" menghadirkan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Malut, dr. Alwia Assagaf sebagai narasumber. Kemudian di sesi kedua, dengan tema Vaksin Aman Masyarakat Sehat" dipaparkan oleh Analis Kesehatan pada Seksi Surveilans dan Imunisasi, Irwan A. Hi. Mustafa.

Kadis Kominfosand Malut Drs. Iksan R.A. Arsad menjelaskan, kegiatan webinar ini dalam rangka membangun sistem informasi yang strategis, lebih jauh jangkauannya ke masyarakat, dan lebih menguat di kalangan masyarakat.

"Webinar ini juga akan disebarkan lebih luas oleh berbagai media online lokal, sementara untuk masyarakat lokal juga kami sediakan lewat channel YouTube untuk bisa dapat menyaksikan," kata Iksan kepada TIMES Indonesia. 

Iksan menyampaikan, target utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan kegunaan vaksin yang aman.

"Tadi kita sudah mengikuti bagaimana narasumber menjelaskan bahwa vaksin yang dikembangkan ini insya Allah aman karena telah melewati beberapa tahapan uji coba," ujarnya. 

dr. Alwia Assagaf mengungkapkan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19, yang didalamnya terdapat Tujuan, Strategi, Pesan Kunci, dan Saluran Komunikasi Utama.

Pertama, terdapat tiga (3) tujuan dalam strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Pencegahan Covid-19, yaitu Penyebaran Info Cepat Akurat, Responsif dengan Perubahan, dan Mendorong Perilaku.

Kedua, terdapat empat (4) strategi yaitu Keterlibatan Pemangku Kepentingan, Pelibatan Masyarakat,  Komunikasi Massa, dan Kapasitas Tenaga.

Ketiga, ada tiga (3) pesan kunci yakni CTPS, Pakai Masker, dan Jaga Jarak. Kemudian, yang keempat, terdapat empat (4) Saluran Komunikasi Utama, yakni Elektronik: TV/Radio, Medsos, Website, TVC, Luar Ruangan Digital App. Distance Learning: Tenaga Kesehatan, Ormas, Akademisi, Kader, Komunitas, dan Cetak: Masyarakat.

"Semuanya dilakukan sehingga memutus rantai penularan Covid-19," jelas Ketua IDI Wilayah Malut ini. 

Sementara, Irwan A. Hi. Mustafa di sesi kedua mengawalinya dengan penyampaian pengertian imunisasi hingga vaksin berdasarkan PMK 12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan.

"Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/ meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan," jelas Irwan. 

Sementara, Vaksin adalah bakteri, virus yang dilemahkan, dimatikan atau unsur-unsur DNA/RNA nya.

Untuk manfaat dan kegunaan imunisasi kata dia, pada Proteksi Spesifik yaitu setiap yang diimunisasi akan terbentuk antibodi spesifik untuk penyakit tertentu. Kemudian, proteksi lintas kelompok, yakni pemberian imunisasi pada kelompok usia tertentu (anak), dapat membatasi penularan kepada kelompok usia dewasa/ orang tua.

Kegiatan webinar KPCPEN ini akan dilaksanakan dalam empat sesi, dua sesi pertama di hari ini, dan dilanjutkan sesi ketiga dan keempat pada 25 November 2020 besok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES