Peristiwa Daerah

Dorong Kemajuan Pertanian, Unisla Berikan Pompa Air Tenaga Surya Inovasi Teknik Elektro

Selasa, 24 November 2020 - 22:08 | 61.78k
Wakil Rektor 1 Unisla, Zulkifli Lubis (masker biru muda), secara simbolis menyerahkan panel surya yang menjadi bagian dari komponen pompa air tenaga listrik kepada Kepala Desa Kuluran, Ahmad Syafik, di Balai Desa Kuluran, Selasa (24/11/2020). (FOTO: MFA R
Wakil Rektor 1 Unisla, Zulkifli Lubis (masker biru muda), secara simbolis menyerahkan panel surya yang menjadi bagian dari komponen pompa air tenaga listrik kepada Kepala Desa Kuluran, Ahmad Syafik, di Balai Desa Kuluran, Selasa (24/11/2020). (FOTO: MFA R

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Universitas Islam Lamongan (Unisla) terus berkontribusi dalam mendorong kemajuan pertanian. Kali ini dengan memberikan bantuan pompa air tenaga surya untuk Desa Kuluran, Kecamatan Kalitengah.

Penyerahan pompa air bertenaga surya tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Rektor 1 Unisla, Zulkifli Lubis, kepada Kepala Desa Kuluran, Ahmad Syafik, di Balai Desa Kuluran, Selasa (24/11/2020).

Zulkifli Lubis mengungkapkan, pompa air bertenaga surya tersebut merupakan hasil inovasi dari Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (Litbang Pemas), khususnya Prodi Teknik Elektro Unisla, yang didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Kami terus berupaya bagaimana berinovasi untuk membuat alat yang praktis, yang mudah dioperasionalkan sehingga nanti bisa digunakan oleh masyarakat khususnya pedesaan. Kemudian kami juga sedang mengambangkan energi alternatif, bagaimana energi itu murah tetapi berkualitas, salah satunya adalah dengan tenaga surya itu," kata Zulkifli.

Selain pompa bertenaga surya, kata Zulkifli, sebelumnya Unisla juga telah menyerahkan tiga alat penunjang kemajuan peternakan dan perikanan di Desa Kuluran, yaitu pompa air, alat pencacah makanan ternak dan alat pelontar pakan ikan otomatis, yang menjadi bagian dalam pelaksanaan program penerapan teknologi tepat guna kepada masyarakat.

"Jadi ini sudah menjadi tekad Unisla melalui Litbang Pemas untuk mendesiminasikan hasil penelitiannya. Dan ini juga dibiayai oleh hibah Lemenristek, yang hasilnya kemudian kita sampaikan kepada masyarakat, khusunya ke Desa Kuluran," tuturnya.

Zulkifli berharap segala inovasi yang ditelurkan Unisla mampu memberikan manfaat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

"Ya sesuai dengan apa yang kami cita-citakan, bahwa Unisla adalah untuk masyarakat, sehingga seluruh hasil teknologi tepat guna atau apapun yang ada di kami, kami dedikasikan untuk masyarakat, supaya masyarakat bisa berdaya, bisa meningkatkan kesejahteraannya dengan peralatan yang kita buat, ya meskipun tidak canggih-canggih amat, tapi mempunyai manfaat yang besar untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuluran, Ahmad Syafik mengatakan bahwa alat-alat untuk pertanian maupun perikanan hasil inovasi Unisla, termasuk pompa air tenaga surya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Lamongan, khususnya Desa Kuluran.

"Sangat luar biasa, kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ini sebagai titik awal kita untuk meningkatkan perekonomian di Desa Kuluran ini," kata Syafik saat menerima bantuan pompa air tenaga surya dari Unisla. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES