Peristiwa Internasional

Mengenal Thanksgiving, Tradisi Mudik Warga Amerika

Selasa, 24 November 2020 - 21:53 | 109.42k
Perayaan Thanksgiving. (swedishnomad.com)
Perayaan Thanksgiving. (swedishnomad.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernah dengar kata Thanksgiving kan? Nah apa sih Thanksgiving itu? Kenapa warga Amerika seringnya memilih mudik pada hari tersebut? Nah, apa cuma warga Amerika saja yang merayakan? Simak ulasannya berikut.

Menurut Britannica Thanksgiving adalah sebuah hari libur nasional Amerika untuk merayakan musim panen. Namun kini, perayaan ini lebih bermakna kepada mensyukuri segala nikmat yang diberikan Tuhan dari masa lampau hingga sekarang.

Dulunya, perayaan ini hanya dirayakan di Inggris. Kemudian Charles S membawa ttradisi ini di Amerika pad tahun 1621. Awalnya warga setempat hanya merayakan panen mereka dengan membagikan makanan pada warga asli Amerika yakni Suku Indian.

Awalnya, Thanksgiving bukanlah sebuah hari libur nasional. Thanksgiving baru dijadikan libur nasional pada awal abad 26 November 1786 oleh Abraham Lincoln, Presiden Amerika pada masa itu.

Untuk merayakan Thansgiving, diluar pandemic warga Amerika akan mengadakan parade besar-besaran. Berbagai macam pertunjukan akan diikutkan dalam parade tersebut. Di malam harinya, seluruh anggota keluarga akan berkumpul untuk makan malam.

Nah, makan malam inilah yang istimewa, mereka akan memasak ayam kalkun jumbo untuk dihidangkan di atas meja. Dulu, saat perayaan pertama kali pada tahun 1621, konon warga Amerika memasak 5 burung merpati sebagai hidangan utama.

Satu lagi, American Football, atau bola sepak ala Amerika juga selalu ditayangkan di layar kaca menemani malam kebersamaan mereka. Tradisi ini dimulai sejak 1934 hingga sekarang.

Uniknya, tak hanya Amerika, Canada juga merayakan tradisi ini. Uniknya, di setiap kantor pemerintahan juga akan diadakan jamuan makan bagi pegawai yang tetap masuk saat hari libur Thanksgiving.

Beberapa daerah bahkan juga menyiapkan cemilan ala hari raya seperti toffee, coklat dan manisan lainnya untuk menyambung saudara mereka dari jauh. Makanan-makanan ini yang menjadi pengerat hubungan kekeluargaan antar mereka. Maka dari itu banyak warga Amerika mudik saat Thanksgiving. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES