Peristiwa Nasional

Ketua KPK Ikut Komentari Buku How Democracies Die, Harun Masiku Jadi Trending Topic

Selasa, 24 November 2020 - 21:49 | 42.74k
Harun Masiku jadi trending topic Twitter. (Foto: Tangkapan Layar Twitter/TIMES Indonesia)
Harun Masiku jadi trending topic Twitter. (Foto: Tangkapan Layar Twitter/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Nama Harun Masiku mendadak masuk daftar trending topic twitter, Selasa (24/11/2020). Usut punya usut, Harun Masiku jadi trending topic menyusul pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri yang mengaku sudah membaca buku How Democracies Die sejak 2002 silam. 

Awalnya, Firli Bahuri mengomentari unggahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat tengah membaca buku terbitan 2018 tersebut. Namun dalam pernyataannya, Firli sendiri mengaku sudah membacanya sejak 2002.

“Kalau kemarin saya lihat ada di media Pak Anies membaca How Democracy Die. Bukunya ada Why Nation Fail, itu udah lama saya baca, tahun 2002 sudah baca buku itu. Kalau ada yang baru baca sekarang, baru bangun. Makannya banyak yang mengkritisi kan, udah lama buku itu,” ucap Firli dalam acara Serah Terima Barang Rampasan dari KPK, Selasa (24/11/2020).

Netizen pun ramai mengomentari pernyataan Firli Bahuri tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang lantas menyebut kembali nama Harun Masiku, salah satu buronan KPK yang hingga kini belum dibereskan KPK di era kepemimpinan Firli Bahuri.

Akun @AferoJepara misalnya, mencuit, ”Bpk Ketua @KPK_RI, tugas anda berantas korupsi yg menggurita di negeri ini, termasuk kader2 di semua partai politik. Termasuk harun masiku apa kbr?? Malah ikutan komen buku. Buku How Democracis Die Terbit 2018, Firli Mengaku Baca pada 2002.”

Sementara akun @fferdinand888 berkomentar, ”Salah lagi. Mending urus Harun Masiku yg ngga bisa ditangkap daripada nyinyirin buku salah mulu. Malu!!!”

Akun @HisyamMochtar ikut berkicau, ”Ada yang ngaku2 udah baca How Democracies Die dari tahun 2002. Padahal buku tersebut baru diterbitkan Januari 2018. Nah lho, ngibul buat apa coba...?. Dari pada sirik dengan bacaan orang, kenapa gak fokus aja dengan kerjaan? Banyak yang tanya tuh, kapan Harun Masiku ditangkap?”.

TIMES Lover sudah tau kan, bahwa nama Harun Masiku mendadak masuk daftar trending topic Twitter itu lantaran pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri yang mengaku sudah membaca buku How Democracies Die sejak 2002 silam. Padahal berdasarkan informasi dari Goodreads, ternyata buku yang ditulis oleh ilmuwan politik Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt itu dirilis pada 2018. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES