Pendidikan

Abdul Halim, Mahasiswa Difabel Unmuh Surabaya Jadi Wisudawan Terinspiratif

Selasa, 24 November 2020 - 21:25 | 69.33k
Wisudawan Difabel Unmuh Surabaya Abdul Halim (kanan) saat foto bersama Rektor Unmuh Surabaya, Sukadiono (kiri), Selasa (24/11/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Wisudawan Difabel Unmuh Surabaya Abdul Halim (kanan) saat foto bersama Rektor Unmuh Surabaya, Sukadiono (kiri), Selasa (24/11/2020). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Abdul Halim adalah Mahasiswa difabel Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya yang siang tadi, Selasa (24/11/2020) baru saja diwisuda. Dalam pelaksanaan wisuda ke-46 Unmuh Surabaya hari kedua, Abdul mendapat penghargaan sebagai wisudawan paling terinspiratif dari total 1.139 wisudawan.

Abdul Halim merupakan salah satu mahasiswa pertama peraih beasiswa difabel oleh Unmuh Surabaya yang telah diadakan sejak pada tahun 2016. Halim merupakan Mahasiswa penyandang Tuna Daksa Fakultas Hukum Unmuh Surabaya. Saat kuliah, ia juga aktif dalam kegiatan sosial seperti memberikan pengajaran gratis kepada anak kurang mampu yang merupakan masyarakat binaan mahasiswa di Keputih Timur maupun aktifitas sosial lainya.

Rektor Unmuh Muhammadiyah, Sukadiono mengatakan bahwa pemberian beasiswa difabel kepada Halim, merupakan komitmen Unmuh Surabaya kepada mahasiswa Difabel yang sedang menempuh pendidikan di kampus tersebut.

"Sejak awal, ketika mas Halim sebagai mahasiswa difabel, kita berikan beasiswa secara penuh sehingga dia tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Semua biaya ditanggung Universitas. Itulah Komitmen kami kepada Mahasiswa yang mungkin kurang beruntung dari segi organ tubuh. Ini komitmen dalam arti mereka semuanya punya potensi dalam arti mungkin secara fisik ada kekurangan, namun secara intelektual sama dengan yang lain," ucap Sukadiono dalam jumpa pers pasca kegiatan Wisuda.

Sukadiono juga menambahkan bahwa pihaknya sangat menghargai betul mahasiswanya yang memiliki kekurangan secara fisik namun memiliki kualitas yang sama dengan mahasiswa lainya.

Sementara Halim, selaku wisudawan peraih penghargaan mahasiswa terinspiratif mengucapkan terima kasih kepada Rektor beserta seluruh Civitas Unmuh Surabaya atas apresiasi yang telah diberikan kepadanya.

"Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Saya berterimakasih juga kepada Universitas Muhammadiyah Surabaya yang telah menerima saya berkuliah di sini," ungkapnya

Pelaksanaan wisuda ke-42 Unmuh Surabaya diikuti dari 2 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Hukum.  Wisuda Unmuh Surabaya dilaksanakan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Wisuda Unmuh Surabaya ini dilaksanakan dengan dua cara yaitu secara offline dan online. Adapun secara online dihadiri oleh satu peserta wisuda di Thailand  yang bernama Natlada Makamthong, S.Pd. Wisuda diakhiri dengan membaca ikrar setia Alumni serta penyerahan penghargaan kepada wisudawan terbaik. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES