Gaya Hidup

Siap Hadapi Hari dengan Sarapan Telur Ayam Kampung Setengah Matang

Rabu, 25 November 2020 - 05:02 | 174.47k
telur ayam kampung setengah matang baik sebagai menu sarapan (FOTO: Freepik/jcomp)
telur ayam kampung setengah matang baik sebagai menu sarapan (FOTO: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan salah satu kebiasaan baik yang tak boleh terlewatkan. Menu sarapan yang paling praktis adalah telur ayam kampung setengah matang.

Telur kampung mengandung nutrisi yang lengkap. Diantaranya energi, protein, lemak, serta karbohidrat. Selain itu telur kampung juga punya omega 3 dan vitamin E yang jauh lebih banyak dibandingkan telur ayam ras. 

Telur kampung juga lebih aman jika dimasak setengah matang. Dikutip dari kompas.com, telur ayam kampung punya daya tahan terhadap bakteri yang lebih baik dibanding dengan telur ayam ras. 

"Ayam kampung itu disertasi saya. Saya membuktikan bahwa ayam kampung itu tahan terhadap salmonela karena dia secara genetik mempunyai ketahanan," kata Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB.

Lalu bagaimana cara membuat telur ayam kampung setengah matang? Terdengarnya mudah ya, namun jika tidak dapat memperkirakan waktu yang tepat, telur akan terlalu matang abau terlalu mentah. 

Berikut langkah membuat telur ayam kampung setengah matang. Pastikan air cukup untuk merendam telur. Rebus air hingga mendidih. Lalu masukkan telur (suhu ruang, bukan telur yang baru keluar dari kulkas). 

Aduk perlahan telur untuk memastikan seluruh bagian telur terkena panas. Idelanya merebus telur setengah matang cukup 3-4 menit saja (dihitung setelah telur masuk dalam air mendidih).

Setelahnya dapat direndam dalam air es sebentar (jangan sampai telur menjadi benar-benar dingin), untuk menghentikan proses pemasakan. Nah telur setengah matang siap disajikan.

Sebaiknya telur ayam kampung setengah matang dikonsumsi selagi hangat. Bisa ditambahkan merica bubuk, garam, beberapa orang juga mencampurkan mentega, hmm.... sedap. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES