Pendidikan

Sosok Sekda OKU Achmad Tarmizi, Alumni UT 8 Kali Tamat Kuliah di Berbagai Strata

Selasa, 24 November 2020 - 19:11 | 153.74k
Prosesi Wisuda UT Palembang secara daring (Foto : Rochman/TIMES Indonesia)
Prosesi Wisuda UT Palembang secara daring (Foto : Rochman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Ada sosok unik dan menarik pada wisuda periode I Universitas Terbuka atau UT Palembang tahun akademik 2020/2021, Selasa (24/11/2020) di Ruang Vicon UBBJ UT Palembang. Dialah Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Sekda OKU), Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH.

Dia adalah sosok birokrat sukses yang hobinya kuliah. Tidak tanggung-tanggung ini merupakan wisuda ke-8 baginya dan yang kedua di Universitas Terbuka.

Menurut Tarmizi, di UT dia mengambil Jurusan S1 Hukum. Ini merupakan wisuda kedua di UT setelah tahun 2004 dengan mengambil jurusan Ekonomi. Dia juga menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan IPK 3.63 (Dengan Pujian) sehingga mewakili alumni baru untuk sambutan wisuda.

"Secara keseluruhan ini merupakan wisuda ke-8 kali mengenyam pendidikan berbagai strata yakni 4 Gelar S1 (sarjana), 3 Gelar S2 (Megister) dan 1 Gelar S3 (Doktor)," ungkap Sekda OKU ini.

Wisuda UT Palembang kampus merdeka

Ia mengaku mengenyam pendidikan S1 selain di UT, dia juga lulus S1 di Universitas Sriwijaya dan Universitas Lampung (Unila). Kemudian S2 pernah ia jalani di Univeritas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) dan satu lagi di salah satu Universitas di Jakarta.

"Sementara gelar doktor S3 saya ambil di Universitas Sriwijaya," katanya saat dibincangi TIMES Indonesia.

Birokrat ini mengaku semakin banyak kita belajar maka semakin kita merasakan kekurangan dalam diri kita sendiri sehingga tertarik untuk terus belajar. "Belajar jika ditekuni akan menemukan cara belajar yang baik sehingga bakal mendapatkan hasil yang baik," imbuhnya.

Begitu juga ketika tertarik kuliah di UT, kualitas UT setelah ia tekuni memang luar biasa. Menurutnya, di sini dituntut kemandirian dalam belajar harus serius, dan tidak bisa setengah-setengah.

"Manajemen sendiri, belajar sendiri dan membaca modul semaksimal mungkin. Kalau tidak ada kemandirian tidak akan selesai,"ungkapnya usai prosesi wisuda secara daring ini.

Pihaknya menyarankan calon mahasiswa tidak usah ragu bergabung dengan Universitas Terbuka (UT) karena kualitas sudah terbukti.

"Dari hasil tes ASN saya tahu persis paling banyak alumni UT, ini artinya kualitasnya tidak kalah bersaing dengan yang perguruan tinggi lainnya," ujar Sekda Kabupaten OKU ini.

Sementara, Direktur UT Palembang Dr Meita Istianda, S IP, M Si mengatakan kelulusan ASN dari alumni UT ini mencerminkan kuliah jarak jauh mampu berdaya saing dengan yang lainnya.

"Ini membuktikan mahasiswa UT terbiasa mandiri, terlatih menjawab soal pilihan ganda, esai yang diberikan saat pendidikan di Universitas Terbuka," ujar Doktor Politik Alumni UI ini.

Kemudian ini membultikan kurikulum termasuk pengawalan proses belajar semakin baik serta didukung sarana media, tatap muka, webinar. "Dan yang penting proses semakin menarik dan interaktif serta berdaya saing,"ungkap Direktur UT Palembang ini.

Diketahui dalam wisuda kali ini di UT Palembang ada 2 ribuan alumni yang diwisuda dan hanya 6 yang diundang karena Covid-19, termasuk Sekda OKU Achmad Tarmizi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES