Peristiwa Daerah

PMI dan Baznas Salurkan Bansos untuk Korban Tanah Longsor Gumelem Kulon Banjarnegara

Selasa, 24 November 2020 - 19:47 | 44.52k
Penyerahan bantuan sosial korban bencana alam di Desa Gumelem Kulon dari PMI dan Baznas Banjarnegara. (FOTO Kominfo for TIMES Indonesia)
Penyerahan bantuan sosial korban bencana alam di Desa Gumelem Kulon dari PMI dan Baznas Banjarnegara. (FOTO Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah menyalurkan bantuan kepada korban tanah longsor di desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Selasa (24/11/2020).

Bantuan sosial tersebut merupakan kerja sama dengan Baznas Kabupaten Banjarnegara yang bertujuan untuk meringankan beban para korban bencana alam.

bantuan-sosial-2.jpg

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr  Amalia Desiana mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menggandeng berbagai elemen untuk bersama sama berkarya dan bersinergi demi kemanusiaan.

“Apa yang kami lakukan dan berikan semoga dapat bermanfaat dalam rangka meringankan beban penderitaan para korban dan berharap untuk dipergunakan dengan bijak sehingga tepat sasaran,” katanya.

Dalam kesempatan itu, PMI Banjarnegara bersama Baznas memberikan bantuan sosial senilai 20 juta rupiah yang diwujudkan dalam berbagai bahan kebutuhan pokok serta keperluan pembelian bahan material bangunan untuk membangun dan memperbaiki rumah korban terdampak langsung.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam PMI Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, sebanyak 23 KK korban longsor dan 3 KK yang merupakan terdampak langsung yang diketahui setelah dilakukan asesmen awal hingga lanjutan pemenuhan kebutuhan korban.

bantuan-sosial-3.jpg

“Ada 2 KK yang rumahnya mengalami rusak berat mendapatkan bantuan dana masing masing 6,5 jt dan paket sembako, sementara 1 KK yang rumahnya mengalami rusak sedang mendapatkan bantuan 2,4 jt dan paket sembako," jelasnya

Sedangkan, 23 kepala keluarga yang rumahnya terancam, mendapatkan bantuan paket sembako untuk kebutuhan 1 minggu ke depan. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Desa Gumelem Kulon Arif Machbub di balai desa setempat.

Pihaknya berharap respon cepat dan pelayanan serta sinergi dengan berbagai elemen serta organisasi sosial terus dapat berjalan dengan baik, mengingat 80% wilayah Banjarnegara adalah rawan bencana alam yang memerlukan perhatian ekstra dari semua pihak.

Dengan kondisi tersebut PMI Banjarnegara mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor untuk tetap eling dan waspada, kenali daerahnya dan lakukan pengungsian mandiri jika ada tanda tanda longsor.

Sementara itu Kepala Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Arif Machbub menyampaikan rasa terima kasih kepada Baznas dan PMI Banjarnegara yang telah membantu korban tanah longsor Gumelem Kulon dengan harapan semoga dapat bermanfaat terlebih bagi yang rumahnya mengalami kerusakan berat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES