Kesehatan 3M Lawan Covid

Ingin Donor Darah Saat Pandemi, Ikuti Protokol Kesehatan Berikut

Selasa, 24 November 2020 - 18:36 | 39.94k
Ilustrasi kegiatan donor darah. (Foto: dok TIMES Indonesia)
Ilustrasi kegiatan donor darah. (Foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTADonor darah sebuah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darag sebagai stok darah, untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Lalu bagaimana dengan kegiatan donor darah saat masa pandemi Covid-19?

Anda yang ingin melakukan donor darah saat ini tak perlu khawatir. Sebab kegiatan donor darah tetap boleh dilakukan karena sudah diatur dan dibuatkan seaman mungkin sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Namun untuk orang yang positif Covid-19 sebaiknya ditunda terlebih dahulu sampai 28 hari dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19.

Ada enam hal yang harus diperhatikan sebelum anda akan menjalani donor darah, berikut rinciannya

1. Cek suhu tubuh

Di kantor kantor PMI atau tempat yang sedang melakukan kegiatan donor darah maka anda yang akan menjadi pendonor diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

2. Cuci tangan

Ingat dimanapun anda berada kebijakan protokol cuci tangan selalu dikedepankan. Maka jika anda akan melakukan donor darah, mencuci tangan dengan benar dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

3. Cek kesehatan oleh dokter

Sebelum anda akan menjalani proses donor darah maka anda juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah adanya penyakit lain pada tubuh anda.

4. Cek Hemoglobin dan Tekanan Darah

Langkah berikutnya yang wajib anda lakukan sebelum donor darah adalah melakukan pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah.

5. Terapkan Physical Distancing

Salah satu bentuk protokol kesehatan adalah menerapkan physical distancing. Jaga jarak tetap harus dilakukan pendonor saat melakukan proses donor darah.

6. Petugas Wajib Pakai APD

Selain bagi anda yang akan melakukan donor darah, maka petugas yang melayani donor darah wajib memakai APD lengkap. Tidak hanya itu, mereka dilarang bertugas jika sedang tidak enak badan.

Itulah enam hal yang perlu anda ketahui jika akan melakukan donor darah. Jangan khawatir lagi ya, yuk donor darah sekarang.  (*)

***

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES