Gaya Hidup

Lima Tanaman yang Ampuh Atasi Insomnia

Rabu, 25 November 2020 - 01:30 | 93.90k
Illustrasi - Sehat Atasi Insomnia (FOTO: Freepik/torwaiphoto)
Illustrasi - Sehat Atasi Insomnia (FOTO: Freepik/torwaiphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanaman punya banyak manfaat untuk kita. Selain dapat mempercantik ruangan dan sumber oksigen, beberapa jenis tanaman juga ampuh untuk atasi insomnia atau sulit tidur.

Tanaman apa sajakah itu?

1. Lavender

Lavender.jpg(FOTO: Konfirmasitimes.com)

Tanaman lavender ini tak hanya punya warna yang cantik, tapi juga mampu membuat seseorang rileks. Aromanya dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak. Tak itu saja aorma lavender juga tak disukai oleh nyamuk. Meletakkan tanaman lavender di dalam kamar jadi pilihan yang tepat banget ya.

2. Chamomile

chamomile.jpg(FOTO: img.webmd.com)

Bantuk dan warna yang cantik membuat orang jatuh cinta dengan tanaman ini. Makin cinta setelah tahu jika chamomile dapat membantu mengatasi insomnia. 

3. Rosemary

rosemary.jpg(FOTO: wikimedia.org)

Rosemary masuk dalam jajaran tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia. Aroma khas rosemary dinilai dapat menghilangkan stres sekaligus membuat rileks. Untuk mndapatkan aroma rosemary, Anda dapat memotong beberpa helai rosemary dan diletakkan dekat tempat tidur. Sebelumnya pastikan tak ada serangga yang menempel di helai rosemary ya.

4. Lemon balm

Lemon-balm.jpg(FOTO: amazon.ca)

Beberapa orang menduga bahwa Lemon Balm memiliki rasa yang asam dan pekat. Nyatanya, aroma yang dihasilkan sebenarnya sangat ringan dan bisa dipadukan dengan tanaman teh.

Tanaman herbal Lemon Balm yang merupakan sejenis tanaman mint telah dipercaya menjadi obat penenang ringan selama berabad-abad, termasuk untuk menangani kesulitan tidur atau insomnia.

Aroma sitrun ringan yang dihasilkan memberi efek samping yang memicu rasa mengantuk serta membantu menguras rasa cemas.

5. Sansivera

Sansivera.jpg(FOTO: bukalapak.com)

Sansivera atau lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang mampu mentralisir udara. Dengan udara yang bersih dan segar tentunya akan memperbaiki kualitas tidur. Letakkan sansivera dalam kamar, jangan lupa untuk selalu membuka jendela di pagi hari agar sirkulasi udara baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES