Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Tips Aman Berbelanja di Pasar Tradisional di Masa Pandemi

Selasa, 24 November 2020 - 05:30 | 60.10k
Ilustrasi-Berbelanja di Pasar Tradisional. (foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi-Berbelanja di Pasar Tradisional. (foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbelanja merupakan kegiatan wajib untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun berbelanja di masa pandemi seperti saat ini kita dituntut ekstra waspada saat berbelanja di pasar tradisional. 

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan WHO. Seperti menjaga jawak, mencuci tangan dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta selalu menggunakan masker. 

Sebenarnya sudah banyak pasar tradisional yang memberikan layanan belanja online. Namun jika Anda ingin ke pasar tradisional ada beberapa hal yang patut diperhatkan. 

Tetap jaga jarak

Jika Anda ingin membeli sesuatu di kios, namuun kios tersebut masih ramai orang, ada baiknya Anda menunggu hingga kios tersebut agak sepi. Ingat, menjaga jarak wajib dipatuhi unntuk menekan penyebaran covid- 19. 

Hindari menyentuh semua barang yang ada di pasar

Biasanya dalam memilih sayur, buah maupun ikan atau daging yang berkualitas baik, Anda tak segan untuk menyentuhnya. Namun di masa pandemi seperti saat ini hindari menyentuh semua barang yang akan dipilih. Jika terpaksa, gunakan kaus tangan plastik. 

Belanja untuk beberapa hari ke depan

Menyetok bahan makanan untuk beberapa hari ke depan tak ada salahnya dilakukan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi intensitas pergi ke pasar. Pastikan Anda berbelanja sesuai kebutuhan saja, tak perlu berlebih. Pilih sayur, buah dan ikan (daging) yang segar. Segera bersihkan sesaat sesampai rumah dan simpan dalam kulkas. 

Segera cuci tangan 

Kini semua pasar wajib menyediakan fasilitas mencuci tangan. Gunakan fasilitas mencuci tangan, baik sebelum masuk pasar, dan sesudah berbelanja (keluar dari pasar). 

Ganti baju 

Sesampainya di rumah segera ganti baju yang dipakai dari pasar. Lepas masker. Cuci tangan. Semprot tas belanjaan dengan disinfektan. 

Berbelanja di pasar tradisional di masa pandemi boleh saja, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid- 19. (*)

***

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES