Gaya Hidup

Tips Merawat Ikan Cupang Agar Tak Cepat Mati

Selasa, 24 November 2020 - 02:25 | 325.03k
Ikan Cupang. (FOTO: Covensia)
Ikan Cupang. (FOTO: Covensia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIkan cupang merupakan ikan hias yang saat ini banyak penggemarnya di tengah Pandemi Covid-19. Warnanya yang cantik dan cara perawatannya yang lebih mudah dari ikan-ikan lain membuatnya menjadi primadona.

Ikan Cupang sendiri pada dasarnya terbagi menjadi tiga jenis yaitu Cupang hias, Cupang aduan, dan Cupang liar.

Pada umumnya, Ikan kecil ini merupakan salah satu jenis ikan yang kuat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Namun itu tak mudah. Banyak pemula yang justru tak paham dalam merawatnya. Akhirnya yang terjadi, banyak Ikan Cupang yang baru dibeli, setelah beberapa hari saja mengalami kematian.

Berikut cara merawat Ikan Cupang agar tidak cepat mati:

1. Gunakan wadah yang sesuai

Ukuran Ikan C yang kecil tentu membuat mudah untuk menempatkannya. Bisa menggunakan akuarium, toples, gelas atau lainnya. Namun, jika ingin menggunakan akuarium, lebih baik pilih yang ukuran kecil dengan diameter sekitar 20 x 15 x 15 cm.

Wadah ini bisa dikreasikan dengan batuan-batuan kecil atau tanaman hias palsu agar lebih berwarna dan enak dipandang.

2. Perhatikan air untuk Ikan Cupang

Air merupakan elemen yang sangat penting sebagai tempat hidup ikan cupang. Menggunakan air yang bersih sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup Ikan Cupang.

Karena pada dasarnya Ikan Cupang merupakan ikan air tawar, maka dianjurkan untuk menggunakan air dari sumur. Jika tidak ada air sumur, menggunakan air PAM atau sumber air lainnya juga tidak masalah asalkan bersih.

Disarankan juga sebelum memasukan air ke wadah Ikan Cupang ada baiknya untuk mendiamkan dulu air tersebut serta untuk mengganti air minimal 3 hari sekali secara rutin.

3. Beri makan Ikan Cupang dengan benar

Ikan Cupang biasanya diberi makan jentik nyamuk, cacing darah, cacing sutra, kuning telur, atau bayi ikan guppy. Untuk memberi makannya, cukup taburkan makanan ke dalam wadah ikan cupang.

Biasanya, Ikan Cupang lebih suka memakan makanan yang mengambang di atas permukaan air dan berikan makanan ikan cupang tersebut secara bertahap. Jangan memberi makanan terlalu banyak karena makanan yang tersisa dapat mengotori akuarium dan memicu timbulnya penyakit. 

4. Bersihkan wadah Ikan Cupang secara rutin

Kebersihan wadah juga merupakan hal yang sangat penting dalam ketahanan hidup Ikan Cupang. Hal ini dikarenakan setiap Ikan Cupang hanya tahan pada jenis air yang berbeda kekerasan serta pH airnya.

Maka disarankan untuk membersihkan wadah Ikan Cupang secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu agar wadah dan kualitas airnya tetap bersih dan Ikan Cupang bisa hidup dengan lama. (*)

Ekoran-29-09-2020-Tips-Merawat-Ikan-Cupang.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES