Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Tips Mudah Wajah Bebas Jerawat Meski Rajin Pakai Masker

Selasa, 24 November 2020 - 01:22 | 81.88k
Ilustrasi (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggunaan masker sangat dianjurkan di masa pandemi. Masker dapat meminimalisir penularan covid- 19. Sayangnya bagi pemilik kulit sensituf penggunaan masker berdampak pada munculnya jerawat. Lantas cara bebas jerawat meski rajin pakai masker?

Rajin membersihkan wajah

Area wajah akan menjadi lebih lembab dari biasanya karena tertutup oleh masker. Maka rajinlah mencuci wajah, minimal dua kali sehari. Gunakan sabun wajah yang lebut dan tak kering di wajah. Setelahnya Anda dapat menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap kenyal.

Hindari make up tebal

Pori-pori wajah akan tertutup jika Anda menggunakan make up yang tebal. Terlebih wajah akan ditutup masker. Makin lembap dan kulit susah bernapas. Cukup gunakan pelembap wajah dan gunakan bedak tabur yang ringan teksturnya.

Ganti masker secara berkala

Jika dipakai terus menerus, idealnya masker diganti setiap 3-4 jam sekali. Tentunya ini sangat berkaitan dengan timbulnya jerawat. Masker yang sudah lembap sangat rentan terhadap bakteri. Nah disitulah jerawat akan muncul

Pakai masker kain berbahan katun

Masker berbahan kain sangat dianjurkan bagi Anda yang sehat. Pilihlah masker katun atau sutera, kedua bahan tersebut dapat menjamin Anda dari paparan droplet di luar ruangan. Ingat, meski berbahan katun atau sutrea tetap harus dua lapis ya.

Cuci masker dengan benar

Gunakan air hangat dan deterjen untuk mencuci masker. Jemur di bawah sinar matahari dan setrika setelah kering. Tak perlu menggunakan pelembut atau pewangi ya. Hal itu dapat menyebabkan iritas pada kulit yang sensitif.

Nah dengan cara itu, Anda tak perlu khawatir menggunakan masker ya. Wajah akan bebas jerawat meski rajin pakai masker(*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES