Pemerintahan

Program Kotaku Selambai Diserahterimakan ke Pemkot Bontang

Senin, 23 November 2020 - 22:56 | 87.91k
Sekda Bontang menerima Program Kotaku Selambai yang telah selesai dibangun (Foto: dok Adi Humas Pemkot Bontang)
Sekda Bontang menerima Program Kotaku Selambai yang telah selesai dibangun (Foto: dok Adi Humas Pemkot Bontang)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Kampung Selambai kini jauh dari kata kumuh. Pasalnya, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yakni peningkatan kualitas permukiman kumuh, Kampung Selambai menjadi lebih menawan. Senin (23/11/2020), serah terima pengelolaan atas peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai atau Kotaku Selambai kepada Pemkot Bontang ini digelar di Pendopo Rujab Walikota Bontang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang Aji Erlynawati menghadiri kegiatan serah terima pengelolaan atas peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai Loktuan, antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur dengan Pemerintah Kota Bontang.

Pemkot Bontang

Dikatakan Sekda Bontang, program Kotaku merupakan gagasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertujuan untuk menciptakan kota tanpa kumuh. Penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang relatif kompleks bagi pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah.

Karena ketersediaan hunian dengan lingkungan yang layak merupakan hak dasar yang harus dijamin pemenuhannya oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara.

"Tahun 2019 Pemerintah Kota Bontang mendapatkan anggaran APBN untuk peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai Loktuan senilai Rp 18.500.000.000," terang Aji Erlynawati yang karib disapa Iin.

Pemkot Bontang 2

Anggaran tersebut, meliputi pembangunan jalan beton sepanjang kurang lebih 400 meter dengan lebar 4 meter, 3 buah tambatan perahu, landmark kawasan, beserta jaringan hidran kering.

Iin berharap dengan berubahnya perwajahan Kampung Selambai dapat mengentaskan permasalahan kekumuhan di Bontang.

“Diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lewat pariwisata, serta semakin mempercepat distribusi pengangkutan tangkapan nelayan di Loktuan,” harapnya.

Masyarakat pun, sambung Iin, diminta bisa menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah terbangun agar tetap berdayaguna sesuai peruntukannya.

Turut hadir dalam acara serah terima Kotaku Selambai ke Pemkot Bontang tersebut Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Kalimantan Timur Aji Nusanto. Usai serah terima di Pendopo Rujab Walikota Bontang, dilanjutkan peninjauan ke Kampung Selambai Loktuan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES