Kopi TIMES

Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Covid-19

Senin, 23 November 2020 - 19:31 | 158.81k
M. Fiqri Hendrawan, Mahasiswa.
M. Fiqri Hendrawan, Mahasiswa.

TIMESINDONESIA, BOGOR – Di tahun ini kita telah melewati banyak bencana yang secara terus menerus menghantam negeri ini bahkan seluruh dunia, bahkan secara psikologis mengganggu mental dalam membangun prinsip dan ketahanan setiap individu. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menjaga ketahanan prinsip setiap masing-masing individu.

Manusia yang berkualitas akan menciptakan value bagi organisasi dan lingkungan yang baik. Manusia bertalenta harus berkelimpahan dalam hal mind-set, heart-set dan skill-set. Manusia yang cerdas dan bekerja dengan sepenuh hati dan tangkas dalam melakukan tugasnya dalam suatu organisasi atau bisnis.

Maka dari itu yang diperlukan saat ini adalah meningkatkan leadership sehingga dapat mengangkat elemen lainnya. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi, menginspirasi, mengarahkan, mendukung, memberdayakan dan mau menjadi role model. Saat ini model leadership harus bergeser dari model transaksional menjadi transformasional.

Pengelolaan sumber daya manusia yang tepat adalah kunci keberhasilan untuk mempertahankan dan mencapai keberhasilan organisasi atau bisnis disaat pandemi Covid-19 ini. Kunci dari peningkatan efektivitas sumber daya manusia yang bertalenta dari organisasi atau bisnis yaitu leadership yang berorientasi pada model transformasional.

Perlu kekuatan leadership yang benar dan tetap agar masyarakat paham dan mengerti makna dan bagaimanan menerapkan protokol kesehatan, sistim karantina dan PSBB secara benar. Harus diakui, banyak masyarakat yang belum mengerti apa pentingnya menjalankan aktivitas menggunakan protokol kesehatan.

Terlepas dari itu, di era pandemi ini juga membuat sistem pendidikan amburadul. Anak-anak lebih banyak memegang gadget dari pada buku. Anak-anak lebih asyik bermain game daripada belajar. Perlu adanya arahan dan edukasi pada anak-anak dan orang tua bagaimana cara mendidik anak di situasi pandemi seperti ini.

Sangat disayangkan apabila masyarakat seolah-olah tidak perduli akan hal itu. Kita harus lebih membuka mata pada kehidupan saat ini. Perlu diingat bahwa anak-anak adalah benih yang kita tanam untuk mencapai masa depan yang lebih cerah. Benih yang kita rawat dengan baik akan mengasilkan buah yang baik di masa depan nanti.

Maka dari itu, peningkatan sumber daya manusia menjadi penting untuk menjawab tantangan ke depan. Mari kita bangkitkan semangat untuk menjawab tantangan ke depan dengan cara meningkatkan sumber daya manusia agar tercapainya masa depan yang cerah dan lebih baik.   

***

*)Oleh: M. Fiqri Hendrawan, Mahasiswa.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES