Kesehatan

Tak Suka Makan Sayur dan Buah, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh

Selasa, 24 November 2020 - 06:22 | 272.44k
Ilustrasi makan sayur dan buah. (FOTO: shutterstock)
Ilustrasi makan sayur dan buah. (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa orang mengaku tak suka makan sayur dan buah. Banyak alasan mereka tak suka sayur dan buah, mulai dari tekstur, aroma hingga rasa. 

Padahal sayur punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Lantas apa yang terjadi pada tubuh jika kita tak makan sayur?

1. Mudah sakit

Tubuh akan mudah sakit, jika kita tak suka makan sayur maupun buah. Sebab tubuh kekurangan vitamin B kompleks, C, E, zinc, zat besi, magnesium, dan potasium.

Karena itu membuat daya tahan tubuhmu menjadi lemah dan kamu jadi sering sakit. Contohnya saja seperti flu. Flu disebabkan tubuhmu kekurangan vitamin C, zinc, dan betakaroten.

2. Sembelit

Sayur dan buah menyuplay serat untuk tubuh kita. Jika tak ada asupan sayur dan buah, maka sembelit akan mengintai. Tak adanya serat, membuat feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Nuah yang paling baik untuk atasi sembelit adalah pepaya dan nanas.

3. Tulang menjadi rapuh

Kekurangan sayur dan buah juga bisa membuat tulangmu menjadi rapuh atau disebut juga osteoporosis. Hal ini disebabkan kurangnya vitamin D dan kalsium dalam tubuh. Jika ingin tetap punya tubuh tegap dan sehat dianjurkan perbanyak makan brokoli, jeruk, apel, tomat, juga buah dan sayur lainnya.

4. Gangguan kesehatan mata

Mata juga bisa jadi terganggu lo karena kekurangan buah dan sayur. Mata membutuhkan vitamin A. Kalau kurang, mata bisa mengalami rabun senja atau mata minus, katarak, dan ganggungan mata lainnya. Agar tidak mengalami gangguan mata jangan lupa makan wortel ya!

5. Sariawan dan gusi berdarah

Sariwan serta gusi berdarah juga akan menyerang jika kita kurang makan sayur dan buah. Sariawan dan gusi berdarah disebabkan oleh kekurangan vitamin C, kalsium, dan magnesium. Untuk menghindari sariawan dan gusi berdarah, kita dianjurkan makan jeruk, melon, apel, pir, bayam, dan buah serta sayur lainnya yang mengandung ketiga zat di atas.

Bagaimana, masih malas makan sayur dan buah? Yuk cukupi kebutuhan gizi tubuh dengan rutin makan sayur dan buah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES