Peristiwa Daerah Kampung Tangguh

Karang Taruna Panca Soka Kota Madiun Perindah Lingkungan dengan Ngecat Talut

Senin, 23 November 2020 - 08:08 | 154.85k
Pemuda Karang Taruna Panca Soka Nambangan Lor Kota Madiun mengecat talut agar lingkungan menjadi lebih indah karena menjadi jujukan wisaga sepeda. (Foto: Aditya C/TIMES Indonesia)
Pemuda Karang Taruna Panca Soka Nambangan Lor Kota Madiun mengecat talut agar lingkungan menjadi lebih indah karena menjadi jujukan wisaga sepeda. (Foto: Aditya C/TIMES Indonesia)
FOKUS

Kampung Tangguh

TIMESINDONESIA, MADIUN – Ini patut ditiru. Pemuda Karang Taruna Panca Soka RW 15 Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur membuat ikon baru di wilayahnya. Yakni, memperindah talut sungai dengan cara dilukis sebagai bentuk kepedulian terhadap keindahan lingkungan.

"Talut sungai ini sejauh 136 meter kami lukis, sehingga dapat mempercantik sampung, kan jadi enak dipandang," ujar Ketua Karang Taruna Panca Soka, Yudha Kurniawan kepada TIMES Indonesia, Senin (23/11/2020).

Karang Taruna Panca Soka 2

Yudha mengatakan, melukis dilakukan anggota Karang Taruna Panca Soka selama 40 hari, dengan menghabiskan puluhan cat yang didapat dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun.

"Sebenarnya sih nggak masuk akal ya, kami bisa melukis talut sungai sepanjang 136 meter rampung 40 hari karena tidak semua anggota bisa melukis. Tapi setelah beberapa diajari, ternyata selesai, warga juga membantu konsumsi sehari-hari," tambahnya.

Talut sungai RW 15 juga akan dilewati jalur sepeda wisata yang merupakan destinasi baru di Kota Madiun. Sebagai ikon baru RW 15, diharapkan para wisatawan sepeda akan tertarik untuk berkunjung atau sekadar menikmati keindahannya.

Karang Taruna Panca Soka 3

Disisi lain, Karang Taruna Panca Soka juga ingin memotivasi karang taruna di Kota Madiun untuk memperindah dan mempercantik wilayahnya dengan memperhatikan kebersihan, penataan fasum dan pembuatan program untuk meningkatkan ekonomi warga setempat di tengah pandemi Covid-19. Tujuannya, dapat membentuk kreativitas dan memunculkan jiwa untuk berinovasi para pemuda karang taruna.

"Dengan kemajuan zaman yang begitu cepat, karang taruna dapat membantu pemuda menumbuhkan pola pikir yang lebih maju, dengan pengalaman yang diawali saat mengurus kampungnya sendiri," ujar anggota Karang Taruna Panca Soka, Kota Madiun, M. Alif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES