Pendidikan

Tiga Wisudawan Terbaik Unisma Malang Kompak Ajak Mahasiswa Aktif Berorganisasi

Minggu, 22 November 2020 - 21:51 | 57.72k
Tiga Wisudawan Terbaik Unisma Program Sarjana periode gasal 2019/2020. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Tiga Wisudawan Terbaik Unisma Program Sarjana periode gasal 2019/2020. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam atau Unisma Malang mengumumkan wisudawan terbaik tingkat universitas. Wisuda periode gasal 2019/2020 ini istimewa. Sebab, ada tiga mahasiswa yang keluar sebagai wisudawan terbaik.

Semuanya meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.0 alias sempurna. Mereka adalah Agung Minto Wahyu, Riska Amalia dan Eva Wulandari. Ketiganya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mereke bercerita masing-masing perjuangannya. Uniknya, ketiga wisudawan ini memiliki spirit motivasi yang sama kepada adik-adik mahasiswa yang masih berjuang kuliah.

"Pesan saya, jadi mahasiswa extraordinary. Jangan hanya bergantung pada IPK saja. Banyak yang memengaruhi kesuksesan kita selain IPK. Misalnya ikut organisasi. Asah kemampuan kita dengan kompetisi. Itu sangat bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita," kata Minto, wisudawan terbaik dari Prodi Manajemen.

Pria asal Pasuruan itu semasa kuliah harus mengimbangi antara akademik dan organisasi. Minto aktif di dua organisasi yaitu Himaprodi Manajemen dan Kelompok Studi Ekonomi Islam. "Di sana saya dapat banyak pengetahuan dan pengalaman," akunya.

Hal yang sama diungkapkan Riska Amalia. Perempuan dari Pasuruan ini juga menganjurkan mahasiswa untuk tidak hanya belajar di dalam kelas. Ikut aktif di organisasi kata dia menjadi salah satu penunjang keterampilan. Melalui organisasi, ia bisa belajar banyak hal dan menambah jaringan.

"Organisasi harus diikuti. Organisasi iya, kuliah iya, ikut event juga iya. Di organisasi kita belajar perbedaan, cara menyampaikan sesuai dengan baik dan benar," jelasnya.

Riska yang menyelesaikan kuliah 7 semester itu mengikuti banyak organisasi. Diantaranya Himaprodi Akuntansi, tax center, dan lainnya.

Wisudawan terbaik satu lagi yakni Eva Wulandari. Dia meraih IPK 4.0, sama seperti dua kawannya yang sama-sama meraih wisudawan terbaik program sarjana.

Ia berpesan untuk mahasiswa baru tidak menganggap enteng perkuliahan. Selama masa studi, mahasiswa diminta untuk serius mengikuti proses belajar.

Sedangkan dunia organisasi, sambungnya, adalah hal mutlak yang diperlukan mahasiswa untuk mengeksplorasi keterampilan diri.

"Menjadi terbaik itu mudah, tapi bagaimana kita mempertanggungjawabkan dan mempertahankan itu. Terus belajar dan jangan setengah-setengah saja. Intinya niat dan ridho orang tua, kita bisa capai apa yang kita inginkan. Kalau ada waktu luang, bisa mencoba hal baru. Saya dulu kuliah sambil kerja," beber perempuan asal Probolinggo.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri mengucap selamat kepada seluruh wisudawan wisudawati. Lulusan Unisma diharapkan mampu mengambil peluang sebaik mungkin.

"Yang paling kami tekankan adalah akhlak. Setelah itu adalah keterampilan diri untuk bisa terus memberikan manfaat bagi masyarakat dimanapun lulusan kita berada," tuturnya.

Wisuda Unisma Malang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22/11/2020) dengan tatap muka. Protokol kesehatan Covid-19 diberlakukan ketat. Semua mahasiswa dan pendamping wajib membawa rapid test non reaktif dan menerapkan protokol 3M. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES