Peristiwa Daerah

Gubernur Abdul Gani Kasuba Imbau Warganya Disiplin Menerapkan 4M

Minggu, 22 November 2020 - 21:29 | 44.52k
Penyerahan masker secara simbolis oleh Asisten II Gubernur kepada Kepala Kantor Basarnas Ternate. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Penyerahan masker secara simbolis oleh Asisten II Gubernur kepada Kepala Kantor Basarnas Ternate. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI terus menggalakkan kampanye penggunaan masker di ruang publik. Acara yang bertempat di Landmark Ternate, Maluku Utara, Minggu (22/11/2020) ini diapresiasi Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba.

Melalui Asisten II Umar Sangadji, Abdul Gani Kasuba menyampaikan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya pemakaian masker untuk kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku Utara.

Penyerahan masker b

Pandemi Covid-19 memang belum usai, tentu untuk melewatinya bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi hal ini sangat berdampak pada seluruh sistem kehidupan Masyarakat.

"Untuk itu, agar kita tetap sehat maka harus dilakukan berbagai cara yang salah satunya adalah menggunakan masker," ucap Umar saat membacakan sambutan tertulis Gubernur 

Sampai saat ini, masker masih menjadi salah satu alat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, ia mengajak agar tidak pernah lelah untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker. Selain itu juga, harus tetap mengingatkan untuk menerapkan 4-M yaitu Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Menjaga Imun.

"Kondisi tersebut harus dimulai dari diri sendiri, keluarga serta lingkungan sekitar agar selalu menerapkan 4-M tersebut," pintanya.

Gubernur berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini agar dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku Utara.

Sementara itu, Deputi 2 Koordinasi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana kemenko PMK, Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo HGS dalam sambutannya mengingatkan, sejak 24 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan melalui rapat terbatas tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional. Dikatakannya, ada empat arahan yang disampaikan oleh Presiden salah satunya adalah bagi dan ajak pakai masker.

"Sebelum ada vaksin, kuncinya yang paling penting adalah kepatuhan terhadap protokol kesehatan," ujarnya.

Lanjut Dody, tren Covid 19 di beberapa wilayah di Indonesia masih meningkat. Sisi lain persepsi dan perilaku masyarakat terkait 3 M (memakai Masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) masih belum dilaksanakan dengan baik. "Ini masih menjadi keperhatinan kita bersama," ungkapnya.

Penyerahan masker c

Selain itu ia juga berharap aparatur pemerintah mulai dari level pusat sampai daerah diharapkan dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasa disiplin dan patuh sehingga terciptanya kedisiplinan individu dan kelompok.

"Penggunaan masker merupakan kunci agar masyarakat dspat produktif dalam menjalankan perekonomian yang aman dari Covid-19," pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan kampanye pembagian dan penggunaan masker diakhiri dengan penyerahan masker secara simbolis kepada perwakilan tokoh agama, Basarnas Kota Ternate, BPBD Malut dan perwakilan para pelajar dengan jumlah masker yang berikan sebanyak 11.200 pcs. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1501/ Ternate. Inf. Moch. R. Iskandarmanto, Kalaksa BPBD Malut, Yunus Badar dan perwakilan Danrem 152 Babullah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES