Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Indramayu Pastikan Debat Kandidat Tetap Berjalan Meski Daniel Mutaqien Positif Covid-19

Minggu, 22 November 2020 - 13:50 | 44.14k
Para pasangan calon di Pilkada Indramayu 2020.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Para pasangan calon di Pilkada Indramayu 2020.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Meski Calon Bupati Indramayu Daniel Mutaqien Syafiuddin terkonfirmasi positif Covid-19, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu (KPU Indramayu) memastikan debat kandidat Pilbup Indramayu 2020 akan tetap dilaksanakan.

Debat kandidat akan dilaksanakan pada Minggu (22/11/2020) malam ini, yang disiarkan secara live di studio salah satu stasiun TV lokal di Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyampaikan, meskipun belum ada surat pemberitahuan resmi ke KPU, tapi konfirmasi terkait salah satu Calon Bupati yang positif Covid-19 sudah masuk.

"Mungkin hari ini surat baru masuk ke KPU hasil pemeriksaan dokternya. Kalau memang positif, debat tetap kita laksanakan," jelasnya, Minggu (22/11/2020).

Fatoni menjelaskan, semua pasangan calon memang wajib mengikuti debat kandidat yang diselenggarakan oleh KPU. Namun, berdasarkan PKPU Nomor 11 Tahun 2020, pasangan calon yang boleh tidak mengikuti pelaksanaan debat kandidat hanya ada dua kriteria. Yakni pasangan calon yang sedang melaksanakan ibadah (haji dan umrah), dan paslon yang berhalangan karena alasan kesehatan (Covid-19).

Karena itu, lanjut Fatoni, KPU Kabupaten Indramayu akan memfasilitasi pasangan calon yang berhalangan hadir mengikuti debat kandidat, dengan menyediakan webinar. Sehingga, paslon tersebut tetap bisa mengikuti pelaksanaan debat walau secara virtual.

"KPU kemungkinan akan memfasilitasi webinar bagi paslon yang hari ini positif Covid-19, apalagi harus karantina di rumah sakit," jelasnya.

Fatoni berharap, masyarakat tetap bisa menyaksikan pemaparan dari paslon yang bersangkutan, sebagai referensi mengenal lebih jauh program serta visi misi para calon. Sehingga, masyarakat semakin yakin dalam menyalurkan hak pilihnya pada hari pelaksanaan nanti pada 9 Desember 2020.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Calon Bupati nomor urut 03 dari Partai Golkar, Daniel Muttaqien Syafiuddin, terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (21/11/2020) malam. Dia pun langsung menjalani karantina di RSUD Indramayu.

Kabar konfirmasi positif tersebut berasal dari video yang direkam oleh Daniel Muttaqien saat sedang menjalani karantina di RSUD Indramayu. Dengan mengenakan pakaian kuning, dia mengonfirmasj jika dirinya positif Covid-19.

"Saya konfirmasikan kalau saya terkonfirmasi positif Covid-19," jelasnya dalam video tersebut.

Meskipun begitu, Daniel tetap meminta agar para relawan dan simpatisan tetap mengawal jalannya Pilkada Indramayu dan memastikan kemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 03, Daniel Muttaqien dan Taufik Hidayat.

Dirinya pun berpesan agar jangan membiarkan hal-hal di luar teknis ini menjadi kendala yang bisa menurunkan semangat para relawan dan simpatisan tim pemenangan Paslon berslogan Mantap ini.

"Insya Allah saya baik-baik saja dan saya tetap semangat menjaga kesehatan dan segera sembuh dari Corona," ungkapnya.

Sementara menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, membenarkan Daniel Mutaqien Syafiuddin terpapar virus Corona. Dari hasil tracking, Daniel positif Covid-19 dari hasil transmisi lokal. "Benar. Karena transmisi lokal," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES