Pemerintahan

Kemenparrekraf RI Gelar Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 di Mataram

Sabtu, 21 November 2020 - 21:01 | 67.18k
Suasana pembukaan kegiatan Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 di Kota Mataram.(FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
Suasana pembukaan kegiatan Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 di Kota Mataram.(FOTO: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) bersama Dinas Pariwisata NTB menggelar kegiatan Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020. Kegiatan promosi dan pemasaran pariwisata tersebut dilakukan untuk membangkitkan gairah pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) di masa pandemi Covid-19.

Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area III Kemenparekraf RI, Bulqis Chairina mengatakan, Rebaound Lombok Sumbawa Fair 2020 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan misi penjualan Kemenparekraf yang dilakukan di enam daerah di Indonesia termasuk Lombok. 

"Kegiatan ini rangkaian misi penjualan yang bertujuan sebagai ajang promosi terpadu antara Kementerian Pariwiaata dengan Pemerintah Daerah," ungkap Bulqis, saat pembukaan Lombok Sumbawa Fair 2020, di Mataram, Sabtu (21/11/2020).

Bulqis mengatakan, Lombok dipilih sebagai salah satu daerah kegiatan karena Lombok masuk dalam salah satu destinasi superprioritas nasional. Selain itu potensi pariwisata Lombok diakui sangat luar biasa.

Menurut dia, sejak Juni hingga Desember mendatang Kemenparekraf terus melakukan kegiatan-kegiatan strategis guna mengatasi dampak pandemi di sektor kepariwisataan. Kegiatan itu antara lain bantuan peralatan dan fasilitasi tenaga medis kepariwisataan, pemberian bantuan untuk SDM pariwisata yang terdampak, hingga sertifikasi CHSE gratis untuk para pelaku industri pariwisata di Indonesia.

"Hal ini dilakukan untuk membangkitkan kondisi pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB,  Lalu Moh Faozal menyampaikan bahwa kegiatan Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 merupakan kegiatan pertama yang dilakukan sepanjang masa pandemi Covid-19 di NTB.

Ia berharap kegiatan  Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 bisa menjadi wadah penyemangat untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata di NTB.

"Disini teman-teman pelaku wisata bisa menjadikan sebagai ajang promosi dan pemasaran. Setidaknya kita harapkan dari pasar lokal dan domestik dulu," ungkapnya.

Faozal mengatakan, pada awal Desember nanti kegiatan serupa juga akan digelar untuk sektor ekraf, yakni pameran tenun. Harapannya agar geliat pariwisata NTB bisa kembali bergerak ke depan.

"Kita optimisme sektor pariwisata bisa segera bangkit kembali dan pulih melewati masa sulit pandemi ini," ucapnya.

Dalam pembukaan kegiatan Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 tersebut, turut dihadiri Assisten II Setda Provinsi NTB, H Ridwansyah, Kepala BPPD NTB Anita Rachmad, Ketua GIPI NTB Awanadhi Aswinabawa dan para pelaku pariwisata lainnya. Kegiatan promosi wisata ini akan berlangsung selama dua hari, mulai 21-22 November 2020, di Lombok Epicentrum Mall, Kota Mataram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES