Ketahanan Informasi

Wisuda Virtual UNJ Angkat Tema dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia

Sabtu, 21 November 2020 - 12:49 | 15.23k
Wisuda Virtual UNJ Angkat Tema dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia
Wisuda Virtual UNJ Semester 112

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sabtu, 21 November 2020 melalui zoom dan youtube channel UNJ menyelenggarakan wisuda virtual kedua tahun akademik 2019/2020 untuk semester genap 112.

Sebelumnya wisuda virtual pertama untuk semester 111 diselenggarakan 20 Oktober 2020 lalu dan berjalan dengan sukses serta mematuhi protokol kesehatan yang ada. Pada wisuda virtual kedua ini diselenggarakan di tengah keprihatinan dan ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia.

unj b

Panitia wisuda UNJ Semester Genap 112 Tahun Akademik 2019/2020, Shandy Aditya BIB., MPBS, mengatakan bahwa wisuda virtual UNJ menandakan bahwa UNJ siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dan juga siap untuk terus produktif serta inovatif di era pandemi seperti sekarang ini.

“Wisuda virtual UNJ menunjukan bahwa sumber daya manusia UNJ mampu beradaptasi cepat dalam mengakomodir wisuda yang sudah menjadi acara seremonial paling berkesan selama masa perkuliahan. Namun harus beradaptasi dengan kondisi saat ini dan harus tetap berinovasi dalam penyelenggaraan wisuda agar kesan para wisudawan tetap dapat dikenang," ujar Shandy.

Pada prosesi wisuda virtual kedua tahun akademik 2019/2020 semester genap 112, UNJ mewisuda 2.946 lulusan yang berasal dari Program Ahli Madya (D3) hingga Program Doktoral (S3).

Pada jenjang Program Studi Ahli Madya (D3) jumlah wisudawan sebanyak 560; Program Sarjana (S1) sebanyak 1.938 lulusan. Untuk Program Magister (S2) sebanyak 263 lulusan. Sedangkan untuk Program Doktor (S3) jumlah lulusan sebanyak 185.

Walaupun dilakukan secara virtual, prosesi wisuda semester genap 112 tahun akademik 2019/2020 dapat diselenggarakan dengan baik, penuh khidmat dan semarak. 

Pada prosesi wisuda virtual UNJ, baik wisuda semester genap 111 dan semester genap 112  menggunakan robot yang dibuat sendiri oleh Tim Komunitas Robotik Fakultas Teknik UNJ. Karya mahasiswa dan dosen UNJ ini menunjukan kreativitas dan inovasi yang baik di bidang robotik.

“Kombinasi digital, physical distancing, serta robotic, konsep kekinian menjadi salah satu milestone UNJ yang siap dengan kegiatan new normal dan kami akan terus mengevaluasi dan berinovasi dalam kegiatan – kegiatan di masa mendatang,” ungkap Shandy Aditya BIB., MPBS, selaku panitia wisuda virtual UNJ. 

Pada prosesi wisuda semester genap 112 tahun akademik 2019/2020 ini, turut diundang Wakil Ketua MPR RI, Ketua Komisi X DPR RI dan para anggota DPR RI, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI dan para pimpinan di lingkungan Kemdikbud, Gubernur DKI Jakarta, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), para Rektor dari 12 LPTK dan Perguruan Tinggi lainnya.

Kemudian para Dewan Penyantun Universitas Negeri Jakarta, Dewan Pengawas Universitas Negeri Jakarta, anggota Senat Universitas Negeri Jakarta, dan Guru Besar. Hadir juga Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Badan, dan Kepala Kantor, Wakil Dekan, Wakil Direktur Program Pascasarjana, Sekretaris Lembaga, Sekretaris Badan, dan Sekretaris Kantor.

Begitu juga Kepala Biro, Kabag, Kasubag, Koordinator Program Studi, Ketua beserta pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Jakarta, Ketua dan Para Pengurus Ikatan Alumni, dan Dosen dan Karyawan.

Prosesi wisuda virtual UNJ semester genap 112 tahun akademik 2019/2020 mengangkat topik “Dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia”. Topik ini dicetuskan pertama kali pada Seminar Nasional UNJ, 4 November 2020 yang bertajuk “Dari Rawamangun Untuk Indonesia”.

Menurut Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si, topik ini diangkat dalam rangka merumuskan kembali subject matter pendidikan tinggi dan semangat pribumisasi ilmu pengetahuan (indegenisasi). Sebab secara sosio-historis Rawamangun memiliki sejarah panjang dari dahulu hingga Indonesia modern sekarang ini.

"Bagi Universitas Negeri Jakarta menapaki jejak sosio-historis ini penting untuk membangun fondasi kampus yang kokoh, unggul, dan terdepan di Indonesia bahkan dunia," ujarnya.

Berangkat dari refleksi atas fakta sosio-historis Rawamangun, untuk itu menurut Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si, UNJ terus meningkatkan 4 bidang keunggulan sebagai upaya menghadirkan yang terbaik untuk indonesia dan dunia. 

Pertama, UNJ Green Campus. Sebagai upaya menjaga keberlanjutan alam dan bumi, UNJ menerapkan prinsip-prinsip ekologis, baik dalam tataran keilmuan, metodologis, maupun praksisnya.

Praktik-praktik ekologis yang sudah dilakukan diantaranya pembuatan sumur resapan untuk mencegah banjir, penghijauan, kampanye hemat air, pengurangan pengunaan plastik, sosialisasi mitigasi kebencanaan dan lainnya.

Langkah berikutnya dalam upaya optimalisasi perwujudan green campus dan kontribusi untuk masyarakat DKI Jakarta, UNJ akan mengoptimalkan kajian ekologis dan mitigasi bencana secara terprogram.

unj c

Kedua, Teknologi Pendidikan. Sebagai kampus dengan core pendidikan, UNJ berusaha menghadirkan teknologi pembelajaran yang sejalan dengan spirit knowledge di abad 21. Di samping itu, UNJ juga akan mengembangkan UNJ Education Barometer Index (EBI) sebagai rujukan pemeringkatan pendidikan di Indonesia. UNJ Education Barometer Index (EBI) dapat memetakan, membaca potensi, dan menilai kuantitas maupun kualitas pendidikan nasional. 

Ketiga, pada bidang olahraga, UNJ mendorong prestasi olahraga baik di level nasional maupun internasional. Di samping itu, juga mengembangkan Sport Science dan Sport Digital. 

Keempat, keunggulan dan inovasi pada bidang ekonomi dengan mengembangkan e-commerce, e-finance, riset dan inkubator bisnis, dan lainnya yang sesuai dengan tuntutan era Revolusi Industri 4.0. Dan ini sudah berjalan dengan terbentuknya lembaga Edura sebagai salah satu bagian dari badan usaha di UNJ.

Menurut Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si, sebagai upaya menuju kampus yang bereputasi di kawasan asia, UNJ dari hari ke hari semakin memantapkan diri, berusaha menjadi yang terbaik, sebagai juara dengan beberapa prestasi di antaranya: 

1. Peringkat penelitian nasional berada pada Klaster Mandiri, pada tahun 2020.
2. Peringkat 1 permohonan pencatatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tertinggi kategori badan penelitian, 5 November 2020.
3. Peringkat ke-20 pada pemeringkatan klasterisasi Perguruan Tinggi, tahun 2020 oleh Kemdikbud. Naik signifikan dari tahun 2019 yang berada diperingkat ke-59.
4. Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diperoleh UNJ dalam tata kelola Badan Layanan Umum (BLU), tahun 2020.
5. Peringkat ke-8 kategori pemeringkatan kemahasiswaan (SIMKATMAWA), tahun 2020 dari Dirjen DIKTI Kemdikbud. 

Rektor UNJ berharap para alumni UNJ memiliki kebanggaan yang tinggi atas almamternya, dan dapat menjaga nama baik UNJ serta turut berkontribusi dalam meningkatkan prestasi dan reputasi UNJ lebih baik lagi.

Sebab menurut Rektor UNJ, prestasi dan reputasi UNJ tidak hanya tanggung jawab dosen dan mahasiswa aktif saja. Tetapi kontribusi alumni juga turut berperan penting bagi peningkatan prestasi dan reputasi UNJ di Indonesia dan dunia. (*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Diduga Tak Berizin dan Langgar Prokes, Kapolres Sumedang Bubarkan Balap Kuda
    Diduga Tak Berizin dan Langgar Prokes, Kapolres Sumedang Bubarkan Balap Kuda
    26/11/2020 - 19:12
  • Disparbud Jabar Dorong Pengembangan Desa Ekowisata Halal
    Disparbud Jabar Dorong Pengembangan Desa Ekowisata Halal
    26/11/2020 - 19:07
  • Wapres RI: Sektor UMKM Salah Satu Pendorong Ekonomi Nasional
    Wapres RI: Sektor UMKM Salah Satu Pendorong Ekonomi Nasional
    26/11/2020 - 19:03
  • Jelang Akhir Jabatan, Bupati Ngawi Fokus Pengembangan Pariwisata
    Jelang Akhir Jabatan, Bupati Ngawi Fokus Pengembangan Pariwisata
    26/11/2020 - 18:57
  • Bersama Pencinta KA, PT KAI Sosialisasikan Keselamatan di Perlintasan Sebidang
    Bersama Pencinta KA, PT KAI Sosialisasikan Keselamatan di Perlintasan Sebidang
    26/11/2020 - 18:52
  • Pilbup Malang, Kapolres Malang Cek Gudang Logistik KPU
    Pilbup Malang, Kapolres Malang Cek Gudang Logistik KPU
    26/11/2020 - 18:48
  • Bangkit di Tengah Pandemi, Program BPUM Membantu UMKM Gresik
    Bangkit di Tengah Pandemi, Program BPUM Membantu UMKM Gresik
    26/11/2020 - 18:44
  • AHY Berharap Kemenangan Pilwali Surabaya Ada di Partai Demokrat
    AHY Berharap Kemenangan Pilwali Surabaya Ada di Partai Demokrat
    26/11/2020 - 18:40
  • KPR Sukabumi Desak Polri Tangkap HRS
    KPR Sukabumi Desak Polri Tangkap HRS
    26/11/2020 - 18:36
  • Bupati dan DPRD Lamongan Sepakati Enam Raperda
    Bupati dan DPRD Lamongan Sepakati Enam Raperda
    26/11/2020 - 18:32

TIMES TV

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

15/11/2020 - 07:16

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia
Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD

Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD
Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar

Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar
Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Perubahan Kebijakan Terkait Guru Harus Sistemik
    Perubahan Kebijakan Terkait Guru Harus Sistemik
    26/11/2020 - 10:00
  • Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    Perspektif Political Marketing dalam Keteladanan Kepemimpinan
    26/11/2020 - 00:14
  • Guru dan Frustasi Sosial
    Guru dan Frustasi Sosial
    25/11/2020 - 16:08
  • Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    25/11/2020 - 02:22
  • Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    25/11/2020 - 00:14
  • Membumikan Pendidikan Toleransi
    Membumikan Pendidikan Toleransi
    24/11/2020 - 17:17
  • Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    24/11/2020 - 16:24
  • Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    24/11/2020 - 12:26

KULINER

  • Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    23/11/2020 - 01:15
  • Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    23/11/2020 - 00:27
  • Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    21/11/2020 - 07:27
  • Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    20/11/2020 - 08:06
  • Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    19/11/2020 - 15:48
  • FPI Bongkar Rahasia, Edhy Prabowo Ditangkap, Viral Video Santri
    FPI Bongkar Rahasia, Edhy Prabowo Ditangkap, Viral Video Santri
    26/11/2020 - 05:30
  • Ini Deretan Barang Mewah Yang Disita KPK dari OTT Edhy Prabowo
    Ini Deretan Barang Mewah Yang Disita KPK dari OTT Edhy Prabowo
    26/11/2020 - 01:01
  • Diego Maradona Tutup Usia, Harta Warisannya Mengejutkan
    Diego Maradona Tutup Usia, Harta Warisannya Mengejutkan
    26/11/2020 - 09:47
  • KPK Tangkap Edhy Prabowo, Fadli Zon: Semoga Bisa Temukan Harun Masiku
    KPK Tangkap Edhy Prabowo, Fadli Zon: Semoga Bisa Temukan Harun Masiku
    26/11/2020 - 08:02
  • Pangdam Jaya: FPI Bukan Musuh, Habib Rizieq Orang Berilmu
    Pangdam Jaya: FPI Bukan Musuh, Habib Rizieq Orang Berilmu
    26/11/2020 - 09:52