Ekonomi UMKM Tangguh

Jatuh Bangun Pengusaha Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen Cirebon

Sabtu, 21 November 2020 - 19:10 | 157.91k
Pemilik Raja es buah dan ratu mie ramen yang sukses dalam bisnis kuliner. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Pemilik Raja es buah dan ratu mie ramen yang sukses dalam bisnis kuliner. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, CIREBON – Berawal dari kejenuhan menjadi seorang pegawai, Freddy Heryanto memutuskan untuk banting setir menjadi seorang pengusaha dalam bidang kuliner. Kegagalan demi kegagalan dirasakan oleh Freddy yang saat ini menjadi Owner Kedai Raja Es buah dan Ratu Mie Ramen di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Usaha ini dirintis Freddy pada tahun 2012 lalu. Dengan modal seadanya, usaha Freddy sempat bangkrut setelah satu tahun berjalan.

"Penghasilan pada bulan pertama sampai ketiga saya cuma mendapatkan 10 ribu sampai 30 ribu saja per hari. Itupun saya masih kerja sendiri belum ada yang bantu," ujar Freddy Owner Kedai Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen, Sabtu (21/11/2020).

Kegagalan tak membuat Freddy patah arang. Tahun 2013, Freddy kembali mencoba bangkitkan usahanya dengan nama berbeda. Namun, setelah satu tahun berjalan, usahanya kembali gagal.

"Dari dua kegagalan itu, saya terus mencoba karena saking penasarannya," katanya.

Memasuki tahun 2016 Freddy kembali bangkit dan satu tahun kemudian bangkrut.

"Sempat ganti nama lagi. Ketika orang lain bisa sukses, kenapa saya tidak bisa akhirnya saya coba terus sampai di tahun 2017 saya buka lagi dengan nama yang berbeda juga," ujarnya.

Ditahun 2017 Freddy membuka kembali kedai es buah dengan nama Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen. Dan membuka lokasi pertama di Sumber Cirebon.

"Disinilah awal dari keberhasilan saya, Alhamdulillah di tahun 2017 ini usaha saya banyak di terima dan di sukai oleh masyarakat," ucapnya.

Pada tahun 2018, Freddy kembali membuka cabang pertama di GTC Kota Cirebon. Di cabangnya Freddy mendapat omset yang besar perharinya.

"Kita memulai benar-benar dari nol, pakai gerobak, dan tidak ada karyawan sampai akhirnya bisa buka lagi di Kota Cirebon," ucapnya.

Freddy mengatakan, membuka usaha di kota menjadi mimpi besarnya. Hingga saat ini, Freddy sudah mempunyai tiga tempat di lokasi yang berbeda-beda.

Dengan varian menu yang sudah semakin omzet usaha raja es buah dan ratu mie ramen dalam sehari mencapai Rp 15 juta sampai Rp 20 Juta.

"Ini memang dari awal bukan proses yang instan, mengalami kegagalan bukan sekali dua kali tapi beberapa tahun," kata Freddy.

Pria lulusan UNPAD ini tidak pantang menyerah dalam berwirausaha, kegagalan dan cobaan terus di laluinya.

"Saya yakin dan saya percaya setiap kita usaha dan pantang menyerah pasti akan ada jalan, walaupun tidak mudah tapi jangan sampai menyerah," kata dia.

Freddy membagikan tips dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha. Yakni adalah terus berinovasi, memberikan pelayanan yang baik, dan mengedepankan cita rasa dari makanan. "Impian saya adalah terus memperbesar usaha dan membuka cabang di setiap kota, membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat, bisa saling membantu, dan mengurangi angka pengangguran," kata Freddy Heryanto pemilik Kedai Raja Es buah dan Ratu Mie Ramen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES