Politik Pilkada Serentak 2020

Jelang Pilkada, KPU Palu Gelar Simulasi dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Sabtu, 21 November 2020 - 18:54 | 41.64k
Simulasi pemungutan suara yang di gelar KPU Kota Palu di lapangan Vatulemo pada Sabtu, (21/11/2020) (Foto: Anang Prasetio/TIMES Indonesia)
Simulasi pemungutan suara yang di gelar KPU Kota Palu di lapangan Vatulemo pada Sabtu, (21/11/2020) (Foto: Anang Prasetio/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PALUKPU Kota Palu, berkerjasama dengan KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar simulasi pemungutan suara, Sabtu, (21/11/2020).

Berbeda dengan pelaksanaan Pilkada serentak sebelumnya, standar protokol kesehatan covid-19 wajib diberlakukan,untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Simulasi yang digelar di lapangan Vatulemo, bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Simulasi yang digelar sebagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya kendala atau kekurangan saat terjadinya pemilihan, baik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, maupun Pilwali Palu. Selain itu, yang menjadi perhatian khusus dalam simulasi ini adalah penanganan terhadap warga maupun petugas yang terindikasi terkena virus corona," jelas Divisi Teknis Komisioner KPU Kota Palu, Iskandar Lembah.

Sebelum pencoblosan dimulai, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area oleh petugas pemungutan suara dan kotak pencoblosan. Seluruh bagian dalam tempat pemungutan suara disemprot guna antisipasi adanya virus Corona. 

Selanjutnya, pemilih wajib mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan hingga pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk TPS.

Bagi pemilih yang terindikasi terpapar virus corona, petugas TPS memberikan perlakuan khusus, dengan cara memberikan pakaian hasmat serta ruang khusus pencoblosan.

Pihak KPU Kota Palu berharap, dengan adanya simulasi ini, setidaknya mampu menghilangkan rasa kekhawatiran dan memberikan rasa aman bagi warga, agar terhindar dari penularan covid-19 saat melaksanakan pencobolosan pada 9 Desember nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES