Peristiwa Daerah

Sekda Apresiasi Hasil Audit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang

Sabtu, 21 November 2020 - 16:57 | 39.07k
Sekda Bontang, Aji Erlynawati bersama Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan, Retno Febriaryanti dan jajaran Bidang Kearsipan usai kegiatan penyerahan audit kearsipan (Foto: DPK for TIMES Indonesia)
Sekda Bontang, Aji Erlynawati bersama Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan, Retno Febriaryanti dan jajaran Bidang Kearsipan usai kegiatan penyerahan audit kearsipan (Foto: DPK for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGDinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang Kalimantan Timur menyerahkan hasil audit kearsipan yaitu dokumen Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bontang, Jumat, (20/11/2020).

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran setiap OPD yang telah di audit agar melakukan evaluasi dan pembenahan kearsipan di lingkungan OPD masing masing.

Sebagai tahap awal, audit Kearsipan dilakukan kepada 6 OPD, OPD di evaluasi sebaik mungkin oleh tim DPK agar hasil yang direkomendasikan bermanfaat bagi pembenahan arsip.

6 OPD tersebut yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), BKPSDM, Sekretariat Dewan, Dinas Kependudukan dan Capil, Kesbangpol dan Sekretariat Daerah.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengawasan kearsipan di lingkup pemerintah kota Bontang, tujuannya agar kepala perangkat daerah dapat melakukan perbaikan pengelolaan kearsipan di Perangkat Daerah masing masing sesuai dokumen tersebut," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang, Retno Febriaryanti kepada Bontang TIMES, Sabtu (21/11/2020).

Retno berharap, program serupa akan kembali dilakukan lebih masif kepada semua OPD dilingkungan pemerintah Kota Bontang.

"Tahap awal tahun ini baru 6 opd, kedepan secara bertahap ke semua OPD, 6 Perangkat Daerah dapat menjadi Role Model bagi perangkat daerah lain dalam pembenahan arsipnya," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang, Aji Erlynawati menyambut baik program tersebut. Sekda Iin berharap menjadi motivasi bagi OPD lainnya dalam mengelola arsip di instansi masing-masing.

"Tentunya menjadi motivasi bagi OPD lain untuk mengelola arsip dengan lebih baik lagi sehingga sesuai dengan tujuan yaitu semua arsip tersusun dengan baik sesuai dengan sifat arsip itu sendiri untuk berbagai kepentingan," harap Sekda Bontang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES