Peristiwa Daerah

Kabupaten Malang Kembali Masuk Zona Orange Covid-19, Ini Penyebabnya

Sabtu, 21 November 2020 - 15:53 | 65.71k
Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat Kabupaten Malang masih harus waspada terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya, wilayah terluas nomor 2 di Jatim ini masuk kembali ke zona orange Covid-19.

Padahal sebelumnya, sempat masuk ke zona kuning yang artinya penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Malang sempat landai dengan penambahan tidak signifikan.

 Kepala Dinkes Kabupaten Malang, dr Arbani Mukti Wibowo mengatakan, memang tidak mudah untuk menuju ke zona hijau Covid-19.

"Untuk mempertahankan di zona kuning juga tidak bisa bertahan lama. Karena untuk zona warna itu harus memenuhi 15 indikator," ujar drg Arbani Mukti Wibowo kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/11/2020).

Arbani mengatakan, ada beberapa penyebab yang membuat Kabupaten Malang kembali ke zona orange. Salah satunya ruang isolasi hampir penuh.

"Dari ruang isolasi yang ada baik itu ruang isolasi biasa maupun ICU, sempat 80 persen," ungkapnya. Hal inilah kata dia, membuat Kabupaten Malang kembali ke zona orange, lantaran hal tersebut.

Menurut mantan Direktur RSUD Lawang ini, ruang isolasi yang hampir penuh tersebut lumrah. Karena arus keluar masuk manusia di Kabupaten Malang sangat tinggi.

"Rumah sakit Kabupaten Malang juga melayani pasien dari luar daerah. Mungkin ada yang kerja di sini, maka dari itu berobat di Kabupaten Malang," sebutnya.

Tidak hanya itu, masyarakat dari luar daerah sebut drg Arbani, banyak datang ke Kabupaten Malang. "Mungkin ada yang pulang ke rumah orangtuanya dan sebagainya. Ketika di Kabupaten Malang, mereka terjangkit virus tersebut," tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya memberikan layanan kesehatan dengan baik bagi pasien Covid-19. Meski mereka notabene berasal dari luar daerah.

Arbani juga menegaskan, bahwasanya pihaknya selalu berupaya semaksimal mungkin untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES