Politik

KPU Ponorogo Gelar Simulasi Pencoblosan Pilbup Ponorogo 2020

Sabtu, 21 November 2020 - 13:36 | 44.39k
Plt Bupati Ponorogo saksikan langsung pelaksanaan simulasi Pilkada Ponorogo 2020. (Foto: Marhaban/TIMES Ponorogo)
Plt Bupati Ponorogo saksikan langsung pelaksanaan simulasi Pilkada Ponorogo 2020. (Foto: Marhaban/TIMES Ponorogo)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Ponorogo menyelenggarakan simulasi pemungutan suara Pilbup Ponorogo 2020 di TPS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 Sabtu  di hall Tambak Kemangi Resort Kabupaten Ponorogo.

KPU Ponorogo menjamin tahapan ini dilaksanakan dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselatan bagi para pihak yang terlibat, "Baik penyelenggara,  peserta pemilihan, maupun pemilih," ucap Ketua KPU Ponorogo Munajat.

Plt Bupati Ponorogo 2

Selain itu menurut Munajat, simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada 2020 yang dilaksanakan ini dalam upaya meminimalisir terjadinya kesalahan dan juga ketidakpahaman masyarakat pemilih maupun petugas di TPS.

Terlebih dalam Pilkada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 saat ini ada 12 hal baru yang harus dipahami oleh pemilih.

"Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan sebagainya," sebutnya.

Untuk itu Ketua KPU Ponorogo Munajat berharap, agar dalam simulasi  yang dilaksanakan ini benar-benar dipahami baik oleh masyarakat dan petugas di TPS, serta diharapkan dalam Pilkada nanti tidak ada klaster baru.

Plt Bupati Ponorogo 3

"Dan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih saya meminta untuk datang menyalurkan suaranya ke TPS tanggal 9 Desember 2020 nanti," jelas Munajat.

Sementara Plt Bupati Ponorogo Soedjarno yang hadir dan menyaksikan simulasi Pilkada tersebut mengatakan bahwa akibat adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, tentunya akan memberikan suasana berbeda dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Dengan kondisi seperti ini segala upaya harus dipersiapkan agar pelaksanaan Pilkada tetap berjalan lancar, aman, dan sukses.

"Karena itu dengan dilaksanakan simulasi ini tentu sangat penting dilaksanakan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Ponorogo, serta sebagai pembelajaran untuk membiasakan diri pada petugas dan masyarakat agar mekanisme protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik," kata Plt Bupati Ponorogo Soedjarno.

Hadir dalam Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Si Rekap dalam Pilbup Ponorogo sebagai rangkaian Pilkada Serentak 2020, Plt Bupati Ponorogo Soedjarno, Ketua KPU Ponorogo Munajat, Ketua Bawaslu Ponorogo M Syaifulloh, Perwakilan Partai Politik se Ponorogo, Polres Ponorogo, Kodim Ponorogo, dan  peserta simulasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES