Ekonomi

KKI 2020 Seri 3 Dorong UMKM Milenial sebagai Kekuatan Ekonomi Baru yang Siap Go Global

Sabtu, 21 November 2020 - 12:22 | 41.75k
Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo. (BPMI Setpres 2020)
Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo. (BPMI Setpres 2020)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pameran KKI 2020 Seri 3 (Karya Kreatif Indonesia 2020 Seri Ketiga) telah resmi dibuka hari ini, Jumat (20/11/2020). Mengusung tema "UMKM Sahabat Milenial", KKI Seri Ketiga ini diharapkan bisa mendorong generasi muda memiliki semangat cinta UMKM dengan mencintai produk lokal serta menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi perekonomian bangsa.

KKI 2020 Seri Ketiga digelar mulai 20 hingga 22 November 2020 mendatang secara virtual mengingat kondisi Covid-19 yang masih terjadi. Meski demikian tidak menyurutkan semangat UMKM dalam berkarya di KKI 2020.

Rangkaian KKI Seri 1 dan 2 telah dilaksanakan dengan pencapaian yang sungguh membanggakan. Jumlah pengunjung kedua seri tersebut mencapai 53.153 pengunjung, jumlah peserta 379 UMKM, jumlah penjualan Rp. 10,5 miliar, Bisnis Matching mencapai Rp.113,2 miliar dan komitmen pembiayaan mencapai Rp 4,7 miliar.

"Pemanfaatan platform digital bagi usaha millenial sangat menjanjikan karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi, sehingga bisa cepat beradaptasi. Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha untuk membangun dan membesarkan UMKM, membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat juga mendorong perekonomian agar kita kembali bergerak," ujar Ibu Negara RI, Hj. Iriana Joko Widodo dalam sambutannya di KKI 2020 Seri Ketiga.

"Pemerintah memberi banyak kemudahan. Kementerian, lembaga, Bank Indonesia, perbankan, BUMN dan lainnya juga mempunyai banyak program kewirausahaan, UMKM, termasuk, untuk kaum milenial yang memiliki gagasan dan karya-karya yang kreatif dan inovatif.. Mari kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global," katanya.

Berbagai event menarik diselenggarakan khusus bagi segmen milenial, seperti Dialog Kopi, kompetisi latte art, Edukasi Onboarding, dan Business Coaching. Narasumber dipilih yang inspiratif bagi kalangan milenial, seperti Bapak Syafrudin (Ketua Umum SCAI), Bapak Junanto Herdiawan (Bank Indonesia), Barista Chicco Jerikho dan Yessylia Violin, pengusaha muda Aldi Raharja, Michael Chrisyanto, Mohamad Iqbal, Lutfiel Hakim, Agung Prakoso, Vanda Rainy, Ferly Novriadi, dan Rohadi Wijaya. 

"Bonus demografi memposisikan peran penting milenial dalam ekonomi indonesia. Milenial akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini maupun masa depan," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo.

"Milenial yang mencintai produk dalam negeri akan menjadi potensi pasar yang sangat besar bagi UMKM kita. Di lain pihak milenial yang mempunyai jiwa yang tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi akan menjadi sumber penciptaan enterpreneur baru yang unggul yang menjadi titik awal menjadi milenialispreneur go global," sambungnya.

Tema seri ketiga ini merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah milenialspreneur untuk turut meningkatkan kesehjahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan.

Pembukaan KKI 2020 Seri Ketiga ini juga menghadirkan Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar.
Pembukaan KKI semakin menarik dengan adanya Pagelaran Karya Kreatif yang mengangkat tema Bangkitkan Jiwa Muda, untuk Wastra Nusantara yang menghadirkan desainer Tuty Adib yang mengangkat Songket Lunggi, produk UMKM Binaan BI Kalimantan Barat dan desainer Wignyo Rahadi yang mengangkat Batik Papringan Banyumas, produk UMKM Binaan BI Purwokerto. 

Pagelaran Karya Kreatif juga dilakukan dengan tema Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya yang akan menghadirkan desainer Didiet Maulana yang mengangkat kain tradisional Tenun Tanimbar produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dan desainer Ayu Dyah Andari yang mengangkat kain Tenun Lurik produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI provinsi D.I. Yogyakarta. 

Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.

Jangan lewatkan keseruan KKI 2020 Seri 3 ini dengan mengunjungi website www.karyakreatifindonesia.co.id atau bisa email melalui [email protected] untuk informasi lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES