Politik Pilkada Serentak 2020

Beredar Skor Debat Pilbup Gresik, KPU Gresik: Kami Tak Mungkin Buat Skor

Sabtu, 21 November 2020 - 09:38 | 236.22k
Data yang beredar skor debat Pilbup Gresik (Foto: Data yang beredar di media sosial for TIMES Indonesia)
Data yang beredar skor debat Pilbup Gresik (Foto: Data yang beredar di media sosial for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, GRESIK – Usai debat publik Pilbup Gresik 2020 putaran pertama, beredar di media sosial terkait data skor hasil debat. Namun KPU Gresik menyebut data yang beredar luas itu bukan dari lembaganya.

Ada dua versi data yang beredar. Versi pertama skor debat dimenangkan oleh Pasangan Qosim-Alif dengan jumlah 495. Sedangkan, versi lainnya skor debat diungguli Pasangan NIAT dengan nilai 455.

Dari data yang beredar juga terdapat kalimat 'Penilaian dilakukan tim independen yang terdiri atas tokoh jurnalis, akademiai, dan organisasi masyarakat. Adapun indikator pernilaian adalah Metter (Argumentasi, substansi pemikiran), Manner (tata bicara) dan Metode strategi (Penguasaan dan penyampaian argumen) dengan masingmasing rentang penilaian 0-100'.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Gresik Makmun mengaku data tersebut tidak berasal dari lembanganya. Sebagai penyelenggara pemilu, pihaknya hanya menyajikan debat yang berlangsung dua kali.

"KPU sebagai penyelenggara tidak mungkin membuat skor debat, silahkan masyarakat memberikan penilaian sendiri-sendiri," katanya ketika dikonfirmasi TIMES Indonesia pada Sabtu (21/11/2020).

Makmun menyebutkan, adanya debat ini agar masyarakat paham dengan visi-misi serta komitmen calon bupati dan wakil bupati. Ia berharap, masyarakat memilih calon dari hati nurani dan ikut memilih pada 9 Desember mendatang.

"Karena memang diselenggarakannya debat paslon dalam rangka supaya dinilai oleh masyarakat dan visi misi yang di paparkan menjadi refrensi utama dalam menentukan pilihan," terang Makmun, Komisioner KPU Gresik menanggapi beredar data skor hasil debat Pilbup Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES