Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Pemkot Kediri Tingkatkan Pelaksanaan Protokol Kesehatan

Jumat, 20 November 2020 - 22:01 | 19.91k
Operasi yustisi yang rutin digelar petugas gabungan untuk menindak warga yg tidak pakai masker. (Foto: Kominfo Kota Kediri)
Operasi yustisi yang rutin digelar petugas gabungan untuk menindak warga yg tidak pakai masker. (Foto: Kominfo Kota Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pimpinan tertinggi Pemkot Kediri, Abdullah Abu Bakar secara rutin mengumumkan apabila ada warga Kota Kediri yang postif Corona. Selama 4 hari berturut-turut sejak 16 November 2020, 47 warga terkonfirmasi positif. Saat ini, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 337 kasus. 

“Semakin banyak transmisi lokal salah satu buktinya adalah semakin meningkatnya kasus klaster anggota keluarga, tetangga, dan rekan kerja sekantor,” kata dr. Fauzan Adima, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri, Jumat (20/11/2020).

Fauzan mengatakan bahwa ada dugaan salah satu penyebab meningkatnya kasus karena efek libur panjang 2 minggu lalu. Banyak yang terkena Covid-19 akibat bepergian keluar kota atau menerima tamu dan keluarga dari luar kota.

“Pendekatan yang diambil Pemkot Kediri dalam penanganan Covid-19 adalah berbasis komunitas,” kata Fauzan.

Oleh karena itu diharapkan semua komponen masyarakat bergotong-royong menanggulangi Covid-19 bersama-sama. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Ferry Djatmiko, Plt. Kepala Satpol PP Kota Kediri. Menurut Ferry, peran serta perangkat kelurahan sangat dibutuhkan saat ini mengingat kegiatan ekonomi juga harus sudah bisa berjalan dengan penerapan protokol kesehatan. 

“Setelah peningkatan kasus akhir-akhir ini, kami bersama Pak Wali mengevaluasi. Salah satu hasil evaluasi, ke depannya, kami akan melibatkan perangkat kelurahan dan Pak Lurah untuk memantau kondisi warganya,” kata Ferry.

Selanjutnya, menurut Ferry, petugas gabungan terdiri dari Polri, Satpol PP, PM, dan TNI masih akan terus menggelar operasi yustisi dan non yustisi untuk memastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan oleh masyarakat.

Selain itu, Fauzan mewakili Pemkot Kediri mengimbau untuk masyakat Kota Kediri untuk saling mengingatkan, disiplin protokol kesehatan dan melaporkan ke Satgas apabila menemukan kegiatan masyarakat yang berpotensi kerumunan dan tidak patuh protokol kesehatan. (*)

Pesan Redaksi

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES