Politik Pilkada Serentak 2020

Beredar Skor Debat Publik Kedua Dimenangkan Gus Muhdlor, KPU Sidoarjo: Hoaks

Sabtu, 21 November 2020 - 00:38 | 133.00k
Foto skor debat yang viral di medsos
Foto skor debat yang viral di medsos
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Pasca debat Publik Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yang digelar KPU Sidoarjo di Sun Hotel, media sosial dihebohkan dengan munculnya hasil penilaian atau skor yang berisi catatan nilai debat antara Ketiga Paslon di Pilbup Sidoarjo.

Dalam skor yang juga menyertakan logo mirip Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) itu, penilaian dimenangkan Paslon nomor urut 2, Ahmad Muhdlor Ali-Subandi mengungguli Paslon nomor urut 1, Bambang Haryo Soekartono (BHS)- Taufiqurlbar dan Paslon nomor urut 3, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Iskak Ketua KPU Sidoarjo menegaskan jika pihaknya selaku pembuat acara debat tidak pernah membuat hasil skor debat publik dan tidak akan membuat kesimpulan apapun terkait penyampaian visi dan misi para paslon tersebut.

"KPU Sidoarjo menyayangkan adanya hasil skor debat kedua itu, apalagi hasil skor debat yang viral di medsos tersebut ada logo yang sangat mirip dengan logo KPU," kata M Iskak, Sabtu (21/11/2020).

Iskak menambahkan jika ada lembaga survei yang melakukan hal tersebut, maka lembaga survei itu harus terdaftar di KPU.

"Jika lembaga survei itu tidak atau belum terdaftar di KPU, maka dilarang keras memakai logo KPU. Kami sayangkan pihak yang membuat skor debat Pilkada Sidoarjo kedua yang viral di medsos tersebut," sesal Iskak.

Perlu diketahui, pasca debat Pilkada Sidoarjo ke dua, muncul hasil skor debat dengan nilai Paslon nomor urut 1, BHS-Taufiq dengan skor 375, Paslon nomor urut 2, Gus Muhdlor-Subandi dengan skor 415 dan Paslon nomor urut 3, Kelana-Dwi Astutik dengan skor 380.

Penilaian atau skor debat tersebut diambil total dari penilaian segmen 1 hingga segmen 6 dalam debat ketiga paslon itu.

Dalam skor debat yang viral tersebut juga mencatumkan jika penilaian dilakukan tim independen dengan tiga indikator, yaitu matter (argumentasi, substansi pemikiran), manner (tata berbicara) dan method/strategi (cara penyampaian argumen). Masing-masing indikator memiliki rentang penilaian 0-100.

Tak hanya itu, skor debat Pilbup Sidoarjo tersebut juga mencantumkan sumber yang bertuliskan 'Sumber: Penilaian Tim Ahli, Koalisi Pemantau Pemilu Independen'. Namun KPU Sidoarjo sudah menegaskan jika skor yang viral itu adalah palsu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES