Wisata

Rekomendasi Spot untuk Menikmati Kecantikan Bunga Edelweis

Sabtu, 21 November 2020 - 08:14 | 46.50k
Bunga Edelweis. (dok/TI)
Bunga Edelweis. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTABunga Edelweis tumbuh subur di daerah pegunungan. Bunga ini lekat dengan mitos percintaan. Bagi pendaki yang mampu membawa bunga edelweis untuk kekasihya, maka cinta mereka akan abadi bak bunga edelweis.

Ya bunga ini memang awet mekar meski telah dipotong. Bunga edelweis memiliki hormon yang mampu memperlambat metabolisme bunga untuk layu. 

Namun perlu diingat ya, jangan sekali-kali memetik bunga edelweis, sebab bunga ini dilindungi. 

Memetik atau mengambil Edelweis dari habitat aslinya dapat diancam sanksi pidana berdasar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Kalau memetik jelas dilarang, maka memandangi saja boleh dong ya. Nah berikut spot menarik untuk menikmati bunga edelweis

1. Kalimati Semeru, Jawa Timur

Sebelum naik ke Mahameru, puncak gunung Semeru, pendaki melewati pos Kalimati. Di Kalimati ini pendaki istirahat sekaligus mempersiapkan diri untuk menaklukkan gunung tertinggi di Jawa itu. 

Tak seperti namanya yang seram 'Kalimati' pemandangan di Kalimati justru sangat indah, dengan hamparan edelweis. 

2. Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Mendaki Gunung Sindoro akan disajikan pemandangan edelweis sepanjang perjalanan. Keccantikan edelweis membuat pendaki senang hingga tak mudah lelah. 

3. Gunung Cermai, Jawa Barat

Taman Nasional Gunung Cermai Jawa Barat menyajikan hamparan bunga edelweis pada para pendaki. Di sini bunga edelweis sangat cantik dengan paduan panorama laut lepas 

4. Taman Edelweis Bali

Di Bali ada taman edelweis yang terletak di Besakih, Rendang, Karangasem, Provinsi Bali. Tempat ini langsung viral di media sosial karena sangat instagramable

5. Pelawangan Sembalun, NTB

Pesona Bunga Edelweis juga bisa dilihat di Gunung Rinjani, Lombok. Tepatnya di Pelawangan Sembalun yang dihiasi bunga-bunga edelweis berwarna putih. Bunga tersebut tumbuh di tebing, di antara bebatuan, hingga tepi danau. Cakep! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES