Pendidikan

Saat Kuliah Berjarak 1293 KM Tidak Jadi Masalah Berkat Indosat Ooredoo

Jumat, 20 November 2020 - 20:47 | 21.74k
Saat Kuliah Berjarak 1293 KM Tidak Jadi Masalah Berkat Indosat Ooredoo
Salsa saat melakukan zoom meeting untuk perkuliahan daring. (Foto: Salsa for TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, MALANG – Bulan Maret 2020, masing teringat dibenak Salsabila Septi Yuza bagaimana awal masuk Covid-19 di Kota Malang. Saat itu ramai Covid masuk Malang dimulai dari kabar positifnya salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya. Awalnya, mahasiswa program studi Hubungan Internasional ini mencoba berpikir positif bahwa tak akan ada masalah.

Namun seiring berjalannya waktu, kondisi makin memburuk. Kampus diputuskan ditutup. Semua aktifitas dilakukan daring. Maksud hati ingin terus di Malang, namun kondisi membuatnya harus pulang kampung.

“Jujur sebenarnya ingin tetap di Malang karena studi sudah mulai akhir, akhirnya awal April memutuskan untuk pulang,” ucapnya saat bercerita kepada TIMES Indonesia, Jumat (20/11/2020)

Wanita yang akrab disapa Salsa ini kemudian menempuh perjalanan sejauh 1293 km pada awal April untuk kembali ke Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan. Satu yang muncul dibenak pikiran Salsa adalah bagaimana nasibnya melakukan kuliah daring. Sebab diakui olehnya, kualitas jaringan di Malang dengan Oku Timur masih lebih baik di Malang.

“Sejujurnya kalau mau dibandingkan tentu jaringan lebih bagus di Malang daripada rumah saya di Sumatera,” sambungnya.

Namun kekhawatiran Salsa akan terkendala dalam menjalani kuliah daring tak terjadi. Jaringan Indosat di rumahnya di Oku Timur cukup membantu. Meski terkadang ada beberapa kali terjadi putus jaringan, tapi secara keseluruhan dia mampu menyelesaikan semester 6 dengan lancar.

Selama menjalani kuliah semester 6 dengan daring itu, Salsa mengaku mendapatkan subsidi dari pihak kampus. Terutama untuk membuka aplikasi Zoom atau Google Meet jika ada pertemuan kuliah.

“Subsidi dari kampus itu untuk Zoom dan Google Meet. Dan pakai Indosat tidak ada pembatasan aksen jadi bisa terus digunakan,” ucapnya.

Selain subdisi dari pihak kampus, Salsa juga menggunakan paket Unlimited yang bisa digunakan tanpa batas selama 24 jam. Yang juga membuat Salsa kagum adalah harga dari paket Indosat yang ramah untuk kantong mahasiswa.

“Indosat ini murah sekali. Saya beli yang 30 giga, cuma 30 ribu. Pakai buka youtube atau yang lain untuk mencari bahan tidak habis habis kuotanya. Beda dengan provider lain, sebab saya pernah menggunakan yang lain untuk buka youtube saja tiba tiba habis,” ungkap perempuan yang juga aktifis di HMI ini.

“Mungkin yang membuat Indosat mempunyai kelebihan di kalangan mahasiswa, terutama saya sebab sudah murah, kuotanya juga gak habis habis,” sambung Salsa.

Karena keberadaan Indosat inilah bagi Salsa proses pembelajaran daring tak ada masalah. Hanya dia tak memungkiiri bahwa ada iklim yang berda saat kuliah daring dan tatap muka.

“Iklim kelasnya berbeda sebab ada dosen yang kadang hanya memberikan tugas. Ini yang membuat semangat belajar menurun ditambah lingkungan di rumah dan malang juga berbeda,” paparnya.

Satu Minggu terakhir ini, perempuan yang menggunakan Indosat lebih dari 7 tahun ini sudah kembali ke Malang. Sebab dia sudah fokus menyelesaikan tugas akhir agar bisa cepat lulus kuliah. Satu yang tidak berubah saat dia di Oku Timur dan Malang adalah tetap menggunakan Indosat jika ada keperluan daring yang harus dilakukan.

Apresiasi Pihak Kampus

Peranan provider dalam perkuliahan daring sangat penting. Jika mahasiswa tidak memasang wifi di rumahnya maka jaringan provider ini yang sangat berperan penting. Selama 1,5 semester yang dijalani dengan daring ini, tak ada kendala berarti yang ditemui pihak kampus.

Wakil Rektor I UIN Malang, Prof. Dr. HM Zainuddin, MA mengaku kegiatan kuliah daring yang sudah dilakukan sejak April berjalan dengan lancar. Saat ini pihaknya akan melakukan evaluasi tentang keberlanjutannya terutama untuk menatap semester berikutnya.

"Dalam waktu dekat kam akan evaluasi per fakultas. Ini sebagai tindak lanjut untuk semester depan. Sambil juga menunggu keputusan pemerintah," ucapnya kepada TIMES Indonesia.

Kelancaran perkuliahan daring itu tidak lepas dari ketersediaan jaringan provider di Indonesia, terutama salah satunya yang disokong oleh Indosat.

"Saya sendiri pengalaman saat mengajar dari S1, S2 hingga S3 semuanya lancar. Misal ada jaringan yang bermasalah biasanya kita alihkan ke alternatif lain seperti melalui Whats App atau youtube," ujar pria yang baru meraih gelar profesor pada awal tahun 2020 ini.

Di UIN Malang sendiri, mahasiswa yang memakai Indosat Ooredoo akan mendapatkan kuota sebesar 6 GB yang berlaku selama 30 hari. Bantuan ini berlaku selama 4 bulan dan akan terus diperpanjang selama perkuliahan daring masing terus dilakukan.

Indosat Ooredoo sendiri mewujudkan bentuk komitmen untuk terus mendukung program kebijakan pemerintah Republik Indonesia khususnya terkait bantuan kuota bagi peserta Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

Kini setiap bulannya pengguna IM3 Ooredoo yang sudah mendaftarkan nomor ponsel yang dimiliki ke sekolah atau kampus sudah bisa memanfaatkan bantuan kuota data internet tersebut untuk pembelajaran daring.

Mulai bulan September 2020 lalu, besaran bantuan kuota data internet yang didapatkan oleh pengguna IM3 Ooredoo akan bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Untuk PAUD akan mendapatkan total kuota 20GB yang terdiri dari kuota 5GB untuk akses ke semua, dan kuota belajar 15GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs belajar daring. Untuk Pelajar memperoleh total kuota 35GB, 5GB untuk akses ke semua dan 30GB untuk kuota belajar.

Sementara untuk Guru total kuota yang diberikan adalah 42GB, 5GB untuk akses ke semua dan kuota belajar 37GB, serta total kuota 50GB untuk Mahasiswa dan dosen yang terdiri dari 5GB akses ke semua dan kuota belajar 45GB.

Untuk kuota belajar yang diperoleh dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lainnya serta lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam.

“Selama pandemi, akses internet merupakan salah satu kebutuhan utama untuk kelancaran kegiatan pembelajaran secara daring. Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo sejak awal terus mendukung para pelajar dan pengajar agar tetap semangat belajar online di rumah,” ucap Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo 

“Dan kami sangat senang dapat kembali bersama-sama membantu pemerintah dalam pendistribusian bantuan kuota data internet untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia dapat tetap bisa berlangsung meski dalam kondisi yang sulit,” sambung Bayu Hanantasena.

Selain itu, Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo juga menyediakan paket pintar bagi pelajar, mahasiswa, dan pengajar untuk mendapatkan kuota belajar lebih banyak melalui paket IMClass dengan kuota 30GB hanya Rp 1 yang bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online populer dan portal edukasi universitas-universitas di Indonesia. Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, dimana saja dengan masa aktif 30 hari dan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3. (*)



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Di New York, Jenazah Korban Covid-19 Disimpan 8 Bulan dalam Truk Pendingin
    Di New York, Jenazah Korban Covid-19 Disimpan 8 Bulan dalam Truk Pendingin
    25/11/2020 - 05:36
  • Siap Hadapi Hari dengan Sarapan Telur Ayam Kampung Setengah Matang
    Siap Hadapi Hari dengan Sarapan Telur Ayam Kampung Setengah Matang
    25/11/2020 - 05:02
  • Jangan Lupa Lepas Ikatan Rambut Saat Tidur, Jika Tidak Ini Akibatnya
    Jangan Lupa Lepas Ikatan Rambut Saat Tidur, Jika Tidak Ini Akibatnya
    25/11/2020 - 04:22
  • Kaavan, Gajah Asia Satu-Satunya di Pakistan akan Dipulangkan ke Kamboja
    Kaavan, Gajah Asia Satu-Satunya di Pakistan akan Dipulangkan ke Kamboja
    25/11/2020 - 03:13
  • Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    25/11/2020 - 02:22
  • Lima Tanaman yang Ampuh Atasi Insomnia
    Lima Tanaman yang Ampuh Atasi Insomnia
    25/11/2020 - 01:30
  • Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    25/11/2020 - 00:14
  • Menteri PUPR RI: Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2020, Momentum Kebangkitan Industri Konstruksi
    Menteri PUPR RI: Indonesia Infrastructure Week dan Konstruksi Indonesia 2020, Momentum Kebangkitan Industri Konstruksi
    24/11/2020 - 23:58
  • Buka Bimtek, Wabup Bogor Berharap Lahir Protokol dan Pembawa Acara yang Handal
    Buka Bimtek, Wabup Bogor Berharap Lahir Protokol dan Pembawa Acara yang Handal
    24/11/2020 - 23:56
  • Tokoh NU dan PDI Perjuangan Kabupaten Malang Gelar Tahlilan dan Yasinan Serentak
    Tokoh NU dan PDI Perjuangan Kabupaten Malang Gelar Tahlilan dan Yasinan Serentak
    24/11/2020 - 23:54

TIMES TV

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

Panglima TNI: Yang Mengganggu NKRI Berhadapan dengan TNI

15/11/2020 - 07:16

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia

Jalan Jokowi di Abu Dhabi Hasil Barter Lahan Hektaran di Indonesia
Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD

Bincang soal Fanatisme Kpopers sejak SD
Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar

Maluku Tenggara Akan Peringati Hari Sumpah Pemuda di Pulau Kecil Terluar
Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    Harlah 53 KOPRI: Women In Development
    25/11/2020 - 02:22
  • Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    Pemanfaatan Eduwisata Rumah Fosil Banjarejo Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
    25/11/2020 - 00:14
  • Membumikan Pendidikan Toleransi
    Membumikan Pendidikan Toleransi
    24/11/2020 - 17:17
  • Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    Mengambil Hikmah dari Caci Maki Habib Rizieq dan Nikita Mirzani
    24/11/2020 - 16:24
  • Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    Anda Juga Keluarga Nabi Kok, Bahkan Keluarga Allah
    24/11/2020 - 12:26
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Covid-19
    Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Covid-19
    23/11/2020 - 19:31
  • Belajar Akuntansi untuk Memahami Kerja Kapitalisme
    Belajar Akuntansi untuk Memahami Kerja Kapitalisme
    23/11/2020 - 18:24
  • Sugeng Tindak Kiai Mas'ud Ali, Jenengan Tiyang Sae
    Sugeng Tindak Kiai Mas'ud Ali, Jenengan Tiyang Sae
    23/11/2020 - 13:19

KULINER

  • Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    Mie Galau Malang Rasa Nikmat Harga Bersahabat
    23/11/2020 - 01:15
  • Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    Menikmati Mie Yamin Cirebon Saat Musim Hujan
    23/11/2020 - 00:27
  • Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    Resep Nasi Shirataki Bakar Tuna Kecombrang
    21/11/2020 - 07:27
  • Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    Cafe Gesah Coffee and Culture, Sensasi Ngopi di Rumah Adat Osing Banyuwangi
    20/11/2020 - 08:06
  • Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    Tips Mudah Agar Alpukat Tak Mudah Busuk
    19/11/2020 - 15:48
  • Bela Pangdam, Mantan KSAU: Rizieq Jangan Berkata Seenak Jidadnya saja
    Bela Pangdam, Mantan KSAU: Rizieq Jangan Berkata Seenak Jidadnya saja
    25/11/2020 - 00:06
  • Bruno Fernandes Ganas, MU Ungguli Istanbul Basaksehir
    Bruno Fernandes Ganas, MU Ungguli Istanbul Basaksehir
    25/11/2020 - 03:50
  • Seteru Kasus Cepu, Nikita Mirzani Minta Elza Syarief Dijemput Paksa
    Seteru Kasus Cepu, Nikita Mirzani Minta Elza Syarief Dijemput Paksa
    25/11/2020 - 00:00
  • Pahlawan Juara Leicester City Banting Setir Jadi Petarung MMA
    Pahlawan Juara Leicester City Banting Setir Jadi Petarung MMA
    25/11/2020 - 02:36
  • Drama Menegangkan, Chelsea Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
    Drama Menegangkan, Chelsea Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
    25/11/2020 - 02:54