News Commerce

Muklay Kombinasikan Warisan Budaya Indonesia dengan Fashion Modern Berkarakter

Jumat, 20 November 2020 - 19:00 | 117.42k
Fashion modern hasil kolaborasi hardware clothing dan Muklay (FOTO: Ufrina for TIMES Indonesia)
Fashion modern hasil kolaborasi hardware clothing dan Muklay (FOTO: Ufrina for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Modernitas fashion dan nilai eksotik budaya menjadi inspirasi kolaborasi Hardware Clothing dan Muchlis Fachri atau yang lebih dikenal dengan Muklay. Warisan budaya adalah tema yang mereka pilih sebagai acuan dalam pemilihan karakter yang diilustrasikan ulang dalam bentuk pop and art visual. 

Adapun beberapa karakter yang dipilih yakni Burung Merak, Gunungan, Bagong dalam tokoh wayang Punakawan,  Bhatara Gana, Garuda Wisnu Kencana, Barong, Topeng Tari Malangan dan Cepot, tokoh wayang golek dari tanah Sunda.

Urfina Almira Yasmine selaku Marketing Communication Supervisor Hardware mengatakan visualisasi pop art warisan budaya Indonesia ini dituangkan ke dalam desain produk fashion bervariasi mulai dari produk T-shirt, Sweatshirt dan Jaket hoodie.

Produk fashion ini diproduksi menggunakan bahan benang premium yaitu cotton combed 20s untuk kaos, sehingga jika disentuh bahan terasa tebal namun nyaman untuk dipakai meskipun dalam cuaca yang panas.

Fashion-Modern-2.jpg

"Semua ilustrasi pop art disablon menggunakan teknik premiun discharge sehingga kualitas gambar dan bisa tahan lama dan lembut," kata Urfina dalam keterangan rilisnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (20/11/2020)

Urfina menjelaskan karakter warisan budaya yang diilustrasikan Muklay menggunakan teknik pop art tanpa menghilangkan ciri khas dari karakter itu sendiri, ditambah warna eksentrik andalannya. Tema ini dipilih sebagai salah satu upaya melestarikan identitas dan nilai budaya Indonesia melalui industri fashion.

Dia menambahkan modernitas adalah sesuatu yang tidak terelakan dengan adanya perkembangan sosial dan semakin menipisnya batasan informasi, tapi modernitas juga bukan pembenar untuk melupakan budaya asli yang dimiliki Indonesia. 

"Pelestarian budaya perlu dilakukan dengan mengkombinasikan modernitas dengan warisan budaya yang kita punya, bahkan melalui akulturasi kita bisa menghasilkan kreativitas seni dan produk," ungkapnya

Produk hasil kolaborasi ini bisa didapatkan di toko-toko seperti Hardware Botani Square Bogor, Hardware Paragon Mall Semarang, Hardware Ambarukmo Plaza Yogyakarta, Hartono Mall Yogyakarta, Hardware Malang Town Square, Hardware Galaxy Mall Surabaya, Hardware Mall Ratu Indah, dan Hardware Q Mall Banjarbaru. Juga tersedia melalui www.hardwareclothing.id,  Shopee dan Zalora.

Hardware Clothing adalah merek lokal yang sudah berdiri sejak 1998 dan saat ini sudah memiliki lebih dari 30 toko di seluruh Indonesia dan online store.

"Berkolaborasi dengan Muchlis Fachri seorang seniman visual pop art yang mulai berkarya sejak duduk di bangku SMA dan melalui karya seninya Muklay sudah berkolaborasi dengan banyak brand," papar Urfina, Marketing Communication Supervisor Hardware Clothing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES