Peristiwa Daerah

Kunjungi Tani Hub di Kabupaten Malang, Menkop UKM RI, Dorong Digitalisasi bagi Petani

Jumat, 20 November 2020 - 18:13 | 86.57k
Menkop UMKM RI, Teten Masduki saat mengunjungi Tani Hub di Kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Menkop UMKM RI, Teten Masduki saat mengunjungi Tani Hub di Kabupaten Malang. (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Koperasi dan UKM atau Menkop UKM RI Teten Masduki mendorong digitalisasi bagi petani, ketika mengunjungi Startup Tani Hub di Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020).

Menurut Teten Masduki, masalah yang ada khususnya dalam pertanian adalah ketersediaan lahan dan pemasaran hasil pertanian. "Pertanyaan yang sering muncul, bagaimana melahirkan sistem pertanian dengan lahan sempit tapi masuk dalam skala ekonomi," ujarnya kepada awak media.

Dia pun melanjutkan, perlu dilakukan digitalisasi dan korporatisasi bagi para petani. Dimana petani diharap akan bergabung dengan koperasi, dan menjalin dengan kemitraan dengan perusahaan pemasaran, start up seperti Tanihub.

"Jadi nanti kita bangun bisnis pertanian kedepan dimana petani petani kecil bisa bergabung koperasi. Koperasi nanti yang mengurusi penjualan, sehinga petani bisa fokus pada produksi. Korporatisasi ini juga akan kita lakukan ke para nelayan dan peternak," bebernya gamblang.

Selain tidak lagi pusing memikirkan memasarkan produknya, kata dia, petani juga menerima keuntungan dengan skema pembayaran di muka. Menurut Teten, seringkali petani dirugikan dengan sistem pembayaran dibelakang, atau dihutang dahulu.

"Sekarang kita rubah skema pembiayaanya, nanti koperasi diperkuat pembiayaannya dengan membeli produk petani dengan pembayaran dimuka," jelasnya

Dalam kesempatan itu, dia juga mengapresiasi keberadaan Tani Hub yang merupakan startup pertama di Indonesia dalam bidang pertanian terletak di Desa Wonokerso, Pakisaji, Kabupaten Malang.

Sebagai informasi, turut mendampingi kunjungan Menkop UKM RI ke Tani Hub Kabupaten Malang, Pj Bupati Malang, Sjaichul Ghulam dan Presiden Tani Hub Indonesia Pamitra Wineka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES