Peristiwa Daerah

Prof Akhmad Muzakki Terpilih Jadi Ketua Tim Seleksi KPID Jatim

Jumat, 20 November 2020 - 17:35 | 108.72k
Rapat Penetapan Tim Seleksi KPID Provinsi Jatim periode 2021 -2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Rapat Penetapan Tim Seleksi KPID Provinsi Jatim periode 2021 -2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Prof Akhmad Muzakki M Ag, Grad Dip SEA, M Phil Phd dipercaya menjadi Ketua Tim Seleksi Pemilihan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah  Provinsi Jawa Timur (KPID Jatim) masa jabatan 2021 – 2024.

Guru besar Sosiologi ini dipercaya memimpin Tim Seleksi KPID bersama empat orang tokoh lainnya, yakni Eko Rinda Prasetyadi SH yang menjadi Wakil Ketua Tim Seleksi KPID bersama tiga anggota yakni Drs Bambang Budiono MS M Sosio, Errol Jonathan dan Drs Benny Sampirwanto MSi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Prof Akhmad Muzakki 2

Laki-laki asal Sidoarjo ini ditetapkan oleh Gubernur Jatim, Dra Khofifah Indar Parawansa MSi berdasarkan keputusan nomor 188/521/KPTS/013/2020. Berkaitan dengan hal tersebut hari ini, Jumat (20/11/2020) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Penetapan Tim Seleksi KPID Provinsi Jatim periode 2021 -2024 di Hotel Golden Tulip, Kota Batu.

“Sesuai dengan UU penyiaran kewenangan pembentukan anggota KPID ini adalah merupakan kewenangan DPRD yang dalam hal ini adalah Komisi A akan tetapi dapat dilimpahkan kepada Gubernur Jatim dan Gubernur sudah membuat penetapan SK yang saya bacakan,” ujar Benny Sampirwanto.

Menurutnya anggota Tim Seleksi KPID adalah orang-orang yang memiliki kompetensi, berintegritas dan mendedikasikan diri untuk membentuk anggota KPID yang handal dan berintegritas. Ia mengatakan saat ini peran media mainstrame sangat penting.

Setidaknya ada 10 peran media yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, antara lain sebagai penyebar informasi, hiburan, pendidikan dan fungsi paling barunya adalah sebagai lembaga anti hoaks.

Prof Akhmad Muzakki 3

Ketika terpaan media sosial begitu kencang, masyarakat selalu berpatokan kepada media mainstream untuk mengcroscek kebenaran informasi tersebut. Karena itu, Benny mengatakan bahwa pertemuan saat ini sangat penting karena media mainstrame sangat penting dan KPID yang memiliki fungsi mengawasi, seperti konten siaran kemudian memberikan izin siaran dan memberikan edukasi siaran yang sehat dimilik oleh KPID.

“Kegiatan hari ini penting bagi Jawa TImur, karena begitu orang-orang yang terpilih adalah orang-orang yang cakap, orang-orang berintegritas, Jawa Timur akan menjadi maju,” ujar Benny.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tugas timsel adalah mengumumkan kepada masyarakat adanya seleksi anggota KPID ini, kemudian menerima dan menampung calon, melaksanakan seleksi dan menetapkan calon anggota sementara yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan gubernur.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan integritas yang dilakukan oleh Tim Seleksi KPID yang baru saja ditetapkan dihadapan para undangan yang berasal dari kalangan media dan akademisi di Jawa Timur.

Sementara itu Akhmad Muzakki menegaskan bahwa lima anggota Tim Seleksi KPID adalah orang yang berintegritas. “Kami berlima diberi amanat oleh Bu Gubernur untuk melakukan seleksi hingga kemudian akan melahirkan calon-calon komisioner yang nanti penetapannya akan dilakukan DPRD Provinsi Jatim,” ujarnya.

Prof Akhmad Muzakki akan memilih calon-calon anggota KPID Jatim yang berintegritas. “Kenapa harus berintegritas dan akuntabilitas, karena ruang publik ke depan kita tidak hanya diramaikan oleh para pemain di dunia, tapi juga diramaikan oleh isi siaran yang diproduksi harus memperkuat rasa nasionalisme, memperkuat keragaman masyarakat,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES