Peristiwa Daerah

RSUD Besemah Kota Pagaralam Kekurangan Spesialis Anak

Jumat, 20 November 2020 - 17:29 | 52.74k
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, Dian Neta Anggrainy  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, Dian Neta Anggrainy (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Besemah Kota Pagaralam saat ini kekurangan dokter spesialis anak. Tercatat, hingga saat ini hanya ada satu orang spesialis anak yang statusnya ASN, namun tengah mengikuti pendidikan.

Hal ini diungkapkan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, Dian Neta Anggrainy usai mengikuti Vicon penandatanganan nota kesepakatan antara Sekjend Kemenkes RI dengan Kepala Daerah di ruang rapat Besemah I Setdako Pagaralam.

"Bicara soal kebutuhan  RSUD Besemah saat ini, yakni spesialis anak. Kalau bisa bergantian minimal dua, karena saat ini selain ada satu spesialis anak yang tengah mengikuti pendidikan, ada juga dari tenaga kontrak yang sudah diajukan. Jadi yang paling mendesak yakni satu sepesialis anak," ungkapnya dihubungi Jumat (20/11/2020).

Sementara untuk spesialis lainnya, untuk standar RSUD Besemah saat dinilai sudah memenuhi semua spesialis berdasarkan standar. "Karena yang menjadi kewajiban RSUD Besemah yakni Spesialis Dalam, Bedah, Anak dan Kebidanan, dan itu semua sudah terpenuhi," ujarnya.

Sementara itu Sekjen Kemenkes RI, Oscar Primadi berbicara , bahwa kekurangan tenaga kesehatan seperti dokter spesialis, Sub Spesialis dan dokter gigi spesialis, baik dari jumlah, jenis dan distribusi yang tidak merata, menimbulkan dampak terhadap rendahnya akses pelayanan spesialistik yang berkualitas.

"Makanya penyediaan dokter spesialis, sub spesaialis dalam jumlah, jenis, dan berlaku pada rumah sakit menjadi satu keharusan," tegasnya melalui video conference dengan pihak RSUD Besemah Kota Pagaralam. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES