Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Banyuwangi Targetkan Kebutuhan Surat Suara Terpenuhi Pekan Depan

Jumat, 20 November 2020 - 16:47 | 43.27k
Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilihan, Ari Mustofa. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilihan, Ari Mustofa. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kurang 19 hari lagi, pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilbup Banyuwangi 2020 akan dilaksanakan. Sebagai penyelenggara pemilihan, KPU Banyuwangi menargetkan 1,3 juta lebih kebutuhan surat suara sudah terpenuhi dalam satu pekan ke depan.

Untuk mengakomodasi seluruh hak suara, setidaknya KPU Banyuwangi membutuhkan surat suara sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Yakni sebanyak 1.309.839 lembar surat suara ditambahkan dengan 2,5 persen kebutuhan surat suara di tiap TPS.

"Kebutuhannya sesuai DPT ditambah 2,5 persen, dihitung dari masing-masing TPS bukan dari DPT global. Jadwalnya tanggal 22 depan ini surat suara sudah mulai dikirimkan ke gudang logistik KPU Banyuwangi. Kita targetkan rampung dalam satu Minggu itu," kata Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa, Jumat (20/11/2020).

Disebutkan oleh Ari, proses persiapan untuk keperluan pemilihan pada 9 Desember mendatang sudah mencapai 90 persen. Mulai dari kebutuhan alat pelindung diri (APD) dan beberapa kebutuhan TPS lainnya.

"Kebutuhan APD untuk seluruh panitia pelaksana sudah lengkap. Kotak suara, tinta dan bilik juga sudah. Tinggal menunggu sisanya, seperti surat suara, bantalan dan alat coblos," sebut Ari usai menghadiri undangan pelantikan anggota dewan PAW di gedung DPRD Banyuwangi.

Untuk kebutuhan tenaga pelipatan kertas suara, KPU mengaku masih belum menginventarisir berapa jumlah yang akan dilibatkan. Namun, KPU memastikan gudang penyimpanan logistik saat ini mencukupi untuk melangsungkan setiap persiapan yang dibutuhkan, termasuk pelipatan kertas suara.

"Untuk skala kebutuhan tenaga pelipatan kertas suara nanti ada tim sendiri. Namun mekanismenya harus sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19. Karena antara satu tenaga pelipat dengan yang lainnya harus diatur sedemikian rupa. Mulai dari jarak dan penggunaan masker atau face shield," jelas Ari.

"Secara keseluruhan, kebutuhan untuk pelaksanaan di hari pemilihan (Pilbup Banyuwangi) sudah mencapai 90 persen. Untuk kebutuhan SDM sudah. Tinggal beberapa item saja yang dibutuhkan di TPS nanti dan kita upayakan secepatnya selesai semua," kata Komisioner KPU Banyuwangi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES