Politik Pilkada Serentak 2020

Lamongan Sehat, Pasangan KarSa Usung Program Lahiran Pulang Bawa Akta

Jumat, 20 November 2020 - 16:12 | 58.08k
Calon Bupati Lamongan nomor urut 1, Kartika Hidayati (kerudung hijau), Jumat (20/11/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Calon Bupati Lamongan nomor urut 1, Kartika Hidayati (kerudung hijau), Jumat (20/11/2020). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Calon Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan nomor urut 3, Kartika Hidayati-Sa’im (pasangan KarSa) akan menjamin setiap warga Kabupaten Lamongan yang melahirkan saat pulang dari rumah sakit atau puskesmas langsung membawa akta kelahiran.

Kartika Hidayati mengatakan, program kerja ini akan terlaksana apabila pasangan calon nomor urut 3, Kartika Hidayati-Sa’im (KarSa) mendapatkan amanah dari masyarakat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.      

"Setiap warga Lamongan yang melahirkan saat pulang dari rumah sakit baik umum maupun swasta dan puskesmas langsung membawa akta kelahiran," ujar Kartika Hidayati, Jumat (20/11/2020).

Untuk mewujudkan program tersebut, Kartika menjelaskan, pihaknya tidak akan bertindak sendirian yakni dengan mendorong peningkatan pelayanan dari dinas terkait.

"Tentunya nanti kita akan match dan tune in kan antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan," katanya.

Mantan DPRD Provinsi Jawa Timur itu menyampaikan, salah satu program kerja KarSa ini juga sebagai bentuk tugas pemerintah dalam mengayomi warganya yang sudah memiliki ikatan pernikahan secara sah.  

"Yang pasti jaminan tersebut diberlakukan kepada mereka suami istri yang sudah memiliki ikatan pernikahan secara sah,"ucapnya.

Kartika juga menjelaskan, dengan dijalankannya program ini kedepan akan memperingan kerja Disdukcapil agar tidak terjadi antrian pada saat membuat akta kelahiran.

"Artinya kita akan akan meminimalisir atau pemangkasan birokrasi sehingga rakyat merasa tenang dan rakyat tidak terbebani dengan banyak hal birokratif seperti itu," akunya.

Selain itu dalam mewujudkan Lamongan Sehat, Kartika membeberkan, akan memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat kurang mampu.

"Warga kurang mampu tersebut akan kita berika pelayaan gratis melalui integrase layanan BPJS dengan kebijakan jaminan sosial daerah," ujarnya.

Dia menambahkan, puskesmas akan menjadi ujung tombak untuk  melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Lamongan dengan menyetarakannya dengan rumah sakit

"Tentunya tidak setara rumah sakit kelas A maupun B dengan tujuan untuk meminimalisir dari pada keberadaan rumah sakit agar tidak overload. Sehingga seluruh puskesmas (di Kabupaten Lamongan) akan berlomba-lomba memberikan pelayan yang terbaik," ucap Cabup dari pasangan KarSa ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES