Peristiwa Nasional

Jelang Pilkada Serentak dan Antisipasi Banjir, Kodam Jaya Siapkan 15 Ribu Personel

Jumat, 20 November 2020 - 13:06 | 38.59k
Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat mengecek kesiapan anggota menjaga Pilkada serentak di Monumen Nasional, Jumat (20/11). (Foto: Antaranews)
Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat mengecek kesiapan anggota menjaga Pilkada serentak di Monumen Nasional, Jumat (20/11). (Foto: Antaranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dan antisipasi banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Kodam Jaya siap menurunkan 15000 personelnya.

"Kekuatan Kodam Jaya ada 15000, kita kerahkan. Lalu dari Kepolisian ada 4000 petugas, ada juga dari Satpol PP," ucap Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman saat ditemui usai apel kesiapsiagaan pasukan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (20/11).

Pangdam Jaya juga mengatakan menyiapkan personel pengamanan itu untuk menjaga berjalannya pilkada serentak di dua wilayah yaitu Tangerang Selatan dan Depok yang masih masuk dalam wilayah pengamanan Kodam Jaya.

"Kami melaksanakan apel ini juga dalam rangka pengamanan Pilkada serentak. Bersama Polri dan Satpol PP, lalu saat ini juga dihadiri Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany juga KPU Depok. Kami siap menyukseskan dan mengamankan seluruh area," tegas Dudung.

Selain untuk pengamanan Pilkada, Dudung menjelaskan, personel yang dikerahkan pun sebagai antisipasi banjir dan setiap personel telah menjalani simulasi "tactical floor game" untuk memperlancar koordinasi antar anggota saat mengantisipasi bencana banjir.

Tactical Floor Game adalah konsep rencana pengamanan untuk memberikan gambaran kepada pengendali di lapangan agar lebih paham tata letak lokasi yang diamankan.

Tak hanya menyiapkan koordinasi, Kodam Jaya juga menyiapkan berbagai peralatan seperti perahu khusus untuk evakuasi yang terbuat dari bahan fiber.

"Perahu berbahan khusus itu disiapkan di setiap Kodim yang berada di bawah naungan Kodam Jaya,"  tandas Dudung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES