Olahraga

Ini Daftar Pemain Persija Jakarta yang Sudah Ikut Kursus Kepelatihan PSSI

Jumat, 20 November 2020 - 13:08 | 44.92k
Bek Andalan Persija Jakarta, Otavio Dutra saat menjalani latihan (FOTO: Dokumen/Persija)
Bek Andalan Persija Jakarta, Otavio Dutra saat menjalani latihan (FOTO: Dokumen/Persija)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah pemain Persija Jakarta musim ini telah mempersiapkan karier ke depannya usai gantung sepatu. Salah satu cara yang dipersiapkan adalah mengambil lisensi kepelatihan untuk tetap berada di dunia sepak bola bila nantinya pensiun.

Dua pemain senior Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman menjadi pemain paling pertama yang mengambil lisensi kepelatihan. Pasangan lini belakang di Timnas Indonesia era 2000 hingga 2010 ini telah mengantungi lisensi B AFC pada tahun lalu.

Baik Ismed dan Maman memang memiliki karakter yang pantas untuk menjadi pelatih suatu saat nanti. Kedua pemain ini memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi yang bisa diaplikasikan saat melatih. Mereka juga berpengalaman menjadi kapten di level klub ataupun Tim Nasional.

Setelah Ismed dan Maman sukses mengambil lisensi, tahun ini beberapa pemain mengikuti jejaknya. Otavio Dutra dan Tony Sucipto mengambil lisensi kepelatihan C AFC yang diselenggarakan PSSI pada awal November. Dutra bahkan langsung mencicipi menjadi pelatih dengan membantu latihan di Persija Soccer School.

Menurut Dutra, langkah ini diambilnya untuk mempersiapkan bekal saat pensiun nanti. Selain itu, Ia juga memanfaatkan waktu libur latihan sementara dengan hal yang positif.

“Saya tetap fokus bermain namun saya juga harus mempersiapkan segala hal. Setelah ini jika ada kesempatan saya akan mengambil lisensi B. Mungkin juga bisa saya belajar kepelatihan di Brasil,” tutur Dutra dilansir dari laman resmi klub Persija Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Langkah yang diambil para penggawa senior Persija Jakarta ini akan berdampak positif bagi individu dan Macan Kemayoran. Pasalnya, dengan pengalaman dan ilmu yang mereka miliki, dapat ditularkan ke pemain muda Persija. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES