Peristiwa Internasional

Blessing Box, Kampung Tangguh ala Amerika

Jumat, 20 November 2020 - 11:15 | 61.71k
Blessing Box didisi berbagai kebutuhan sehari-hari terutama makanan kaleng. (Foto: ABC 10 News)
Blessing Box didisi berbagai kebutuhan sehari-hari terutama makanan kaleng. (Foto: ABC 10 News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak jauh beda dengan Indonesia yang memilki Kampung Tangguh, warga Amerika juga memiliki Blessing Box untuk membantu sesame warga yang kekurangan. Ide ini sudah lama digunakan warga Amerika terutama jika salah satu daerah mengalami bencana alam.

Di Indonesia Kampung Tangguh membuat semacam gudang atau spot untuk meletakkan barang-barang yang disumbangkan oleh masyarakat sekitar. Blessing Box hanya berbentuk kotak kabinet persegi panjang kecil dan bersusun.

Tak jauh beda dengan di Indonesia, penduduk sekitar akan meletakkan benda-benda atau makanan yang mereka sumbangkan. Topi untuk musim panas, kaus kaki, makanan kaleng, mi instan adalah barang-barang yang lazim didapati di dalam Blessing Box.

Beras, pasta, kopi atau coklat sachet, makanan ringan, minuman kaleng, juga bisa ditemukan dalam Blessing Box. Tergantung dari si pemberi mengikhlaskan makanan apa yang akan disumbangkannya.

Beberapa tempat menerapkan sistem ‘ambil seperlunya, bayar semampunya’. Ada juga yang menggratiskan semua makanan atau barang-barang yang ada di dalam kotak namun dengan syarat mengambil seperlunya.

Menurut Free Food Now, sebuah lembaga yang memfokuskan organisasi mereka untuk membantu orang-orang kurang mampu yang ingin menemukan makanan gratis atau dengan harga murah, Blessing Box bisa diprakarsai oleh oleh individu secara pribadai ataupun masyarakat.

Seperti di San Diego California contohnya. Dilansir dari ABC 10 News Blessing Box di letakkan di pinggir jalan di beberapa sudut kota atas prakarsa warga setempat. Kesadaran mereka meningkat sejalan dengan munculnya pandemi.

“Kemarin kita sampai kelebihan barang. Ada beberapa warga yang datang untuk menyumbangkan berbagai makanan. Sampai-sampai tempatnya nggak muat,” ucap Robert, warga El Cajon, San diego seperti dilansir dari ABC 10 News.

Menurut San Diego Hunger Coalition, semenjak pandemi berlangsung kurang lebih ada 1 juta warga lokal yang mengalami kesulitan ekonomi. Ini berarti 3 dari 10 warga kota San Diego mengalami kesulitan dalam membeli makanan.

Penempatan Blessing Box atau Kampung Tangguh ala Amerika ini diharapkan dapat membantu mengangkat kesulitan sesama warga. Kesadaran dan toleransi yang tinggi ditunjukkan oleh warga dengan tidak membiarkan si kotak yang bermanfaat ini kosong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES